Sehati Majukan ITS (2): Testimoni dari Prof. Bangun Muljo Sukojo

Testimoni untuk Prof. Lalu Muhamad Jaelani, ST, MSc, PhD

Saya dengan senang hati memberikan testimoni tentang Prof. Lalu Muhamad Jaelani, ST, MSc, PhD, atau yang biasa saya sapa Prof. Jae. Saya mengenalnya sejak tahun 1999 saat beliau bergabung dengan Departemen Teknik Geomatika (sebelumnya Teknik Geodesi). Beliau merupakan mahasiswa Angkatan 1 di Departemen Teknik Geomatika, dan saya merasa bangga melihat semangat beliau untuk belajar, terutama pada saat sumber daya manusia dan sarana prasarana terbatas. Dosen saat itu hanya berjumlah enam orang, dengan satu tenaga pendidikan, satu ruang kelas, dan peralatan praktikum dari warisan Laboratorium Ilmu Ukur Tanah Teknik Sipil. Prof. Jae, sebagai salah satu mahasiswa saya, menunjukkan kecerdasan dan perhatiannya terhadap teman-temannya.

Beliau lulus tepat waktu dengan IPK yang bagus dan menjadi dosen pertama lulusan Teknik Geomatika ITS. Melanjutkan studi S2 dengan beasiswa dari Pemerintah Indonesia di NCU Taiwan, beliau fokus pada Remote Sensing dan berhasil lulus tepat waktu. Setelah itu, dengan semangat tinggi, beliau kembali ke Indonesia untuk mengajar di Teknik Geomatika ITS.

Setelah menyelesaikan S3 (doktor) nya di University of Tsukuba, beliau terlibat aktif di pendidikan/pengajaran baik di Departemen Teknik Geomatika, Teknik Sipil dan beberapa departemen lain di ITS. Selain itu juga banyak berkiprah di kegiatan organisasi profesi (MAPIN, ISPRS dsb), sebagai invited speaker di berbagai seminar/ simposium/ kongres baik berskala nasional maupun internasional.

Sedangkan untuk kegiatan manajemen banyak terlibat di pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat, terutama yang sangat fenomenal adalah dalam penanganan bencana alam (seperti gempa bumi Lombok, Palu, Aceh, Banten, dan erupsi Gunung Semeru dsb) beliau sangat all out terlibat langsung di lapangan sebagai penanggung jawab dan perwakilan ITS.

Dalam pembinaan pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu, Prof. Jae aktif berkontribusi dan menjalin kerjasama, baik nasional maupun internasional. Saya yakin bahwa beliau adalah individu penuh talenta, inovatif, dengan visi dan misi yang jelas, menjadi aset berharga untuk ITS, bangsa, dan negara.

Selamat Prof. Jae, semoga perjalanan amal dan dedikasi membawa ITS ke masa depan yang lebih baik. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ridho-Nya dan membimbing Prof. Jae di setiap langkahnya. Maaf jika ada yang kurang berkenan.

Surabaya, 16 November 2023
Bangun MS (Rekan Sejawat)

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑