Menggabungkan Dua Citra Berdekatan

Sering kali kita menemukan daerah yang kita inginkan (region of interest, ROI) tidak bisa dicover oleh satu scene citra. Diperlukan dua, tiga scene bahkan lebih untuk bisa memenuhi area yang kita inginkan.

Sebagai contoh, Ketika saya ingin mendapatkan seluruh area Danau Malawi (sebagian ada di Malawi, sebagian di Mozambik), saya membutuhkan lebih dari satu scene citra Landsat 8. Mengapa? karena wilayah danau ini lebih luas dari area yang bisa direkam oleh satu scene Landsat 8.

Gambar berikut, bisa menjadi contoh yang cukup jelas.

Danau Malawi

Danau Malawi

Gambar di atas menunjukkan bahwa, paling sedikit diperlukan 4 scene untuk bisa menutup satu danau. Untuk memudahkan, saya mengunduh dua scene (17 dan 18) dan selanjutnya menggabungkannya menjadi satu file (melalui proses mosaicking).

Gambar di bawah adalah tampilan band 2 untuk masing masing scene di atas.

Dua Scene yang harus digabungkan, kotak merah pada bagian kiri dan kanan adalah daerah yang sama

Dua Scene yang harus digabungkan, kotak merah pada bagian kiri dan kanan adalah daerah yang sama

Dengan menggunakan ENVI, proses mosaicking memerlukan tahapan berikut:

1.  Map > Mosaicking > Georeferenced

mozambik3

2. Import > Import Files

mozambik4

3. Mozaic input files. 3 file yang muncul di bawah adalah file yang sedang aktif (sudah dibuka di envi). Selanjutnya klik 2 file yang berurutan (yang berasal dari band yang sama, dalam hal ini band 2). Tekan SHIFT untuk memilih lebih dari satu file.

mozambik5

4. Atur scene yang berada di posisi atas, dengan menggunakan fasilitas klik kanan di atas scene yang diinginkan. Pilih rise image to the top atau lower image to the bottom.

mozambik6

Gambar di atas telah menunjukkan dua scene tergabung menjadi satu. Tapi ingat, ada area hitam, di antara dua scene yang harus dihilangkan.

5. Hilangkan background hitam. Klik kanan pada scene > Edit Entry

mozambik7

6. FILE > Apply, Simpan file

mozambik8

7. Buka kembali, dan hasilnya seperti di bawah

mozambik9-final

Demikian tutorial singkat ini, jangan lupa untuk melakukan proses yang sama pada band yang lain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. Pak saya mau bertanya, sedikit menyimpang dari postingan ini. Saya akan melakukan mosaic pada citra aster level 3A, apakah bisa dilakukan proses yang sama seperti pada postingan ini? Atau ada proses tertentu yang berbeda dikarenakan spesifikasi citranya? Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

  2. Prinsipnya sama.
    Cuma perlu berhati hati di langkah ke-5. Terutama menyangkut background pixels (tidak otomatis 0.0). Jika ada masalah bisa hubungi saya via email.

  3. oh begitu ya pak.. nanti akan saya coba.
    bicara tentang proses mosaic sering mendengar istilah histogram matching, feathering, atau color balancing. Yang saya tanyakan, proses tersebut dilakukan setelah mosaic atau sebelum? ataukah otomatis seiring berjalannya proses mosaic tersebut?

    terima kasih.

    • Saat proses mosaicking ada pilihannya.

      Namun perlu berhati hati, jika tujuan akhirnya untuk analisa spectral (misal NDVI dsb), sebaiknya jangan dilakukan. karena akan mengubah nilai radian asli

  4. Pak lalu
    Pak ada yang mau saya tanyakan mengenai mozaik citra ini,
    citra yang saya tampalkan kemudian saya subset via ROI berubah warna nya setelah saya kompositkan
    selain itu ada gap antara dua citra yang saya tampalkan
    terimakasih

  5. 1. Perubahan warna setelah subset, harusnya tidak terjadi.
    2. Pastikan citranya overlap, jika citra yang ditampalkan tadi berasal dari pengambilan yang berbeda (berbeda musim, atau waktunya beda jauh), pasti akan ada beda walau sudah ditampalkan

  6. 1. Perubahan warna setelah subset, harusnya tidak terjadi.
    2. Pastikan citranya overlap, jika citra yang ditampalkan tadi berasal dari pengambilan yang berbeda (berbeda musim, atau waktunya beda jauh), pasti akan ada beda walau sudah ditampalkan

  7. Aslmkum, pak saya sudah melakukan langkah2 yang bapak berikan tapi ketika saya akan mengcomposite hasil penggabungan tersebut dengan band lain di gis selalu terjadi error dikarenakan hasil penggabungan tersebut tidak memiliki format tif yang asli,mohon bantuannya pak terima kasih

  8. Aslmkum, pak saya sudah melakukan langkah2 yang bapak berikan tapi ketika saya akan mengcomposite hasil penggabungan tersebut dengan band lain di gis selalu terjadi error dikarenakan hasil penggabungan tersebut tidak memiliki format tif yang asli,mohon bantuannya pak terima kasih

  9. Assala mualaikum wr.wb. salam kenal mas andri, kebetulan ada tutorial tentang mosaic, kebetulan penelitian ku untuk menghitung NDVI dengan 4 scene di lokasi penelitian, mas menyingung masalah analisa spectral untuk NDVI, bagaimana caranya mas? mohon pencerahannya??