Spesifikasi Sensor MODIS

Posted on: 10 Mar, 2009, by :

Selamat Pagi Semua!!!

Selamat Bertemu kembali dalam serial Dongeng Inderaja, moga moga saja tidak bosan atau malah membuat tambah bingung. Kali ini kita akan membahas salah satu Sensor Satelit yang paling banyak digunakan untuk pemantauan lingkungan, bukan hanya karena kehandalannya tapi sekaligus karena datanya dapat kita peroleh secara gratis!! Ayo, siapa yang gak ngiler kalau disuguhin barang gratisan?

Tentang Modis

Ada yang sudah kenal MODIS? kalau ada, pengen dong kita kita dikenalin juga. Eh, bytheway kenalnya dimana nih? di bungurasih ya? Ok, sebelum ngaco kesana kemari, mumpung hari masih dingin, kita mulai saja cerita seputar modisnya ya.

Modis, yang nama panjangnya Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer adalah sensor inderaja yang ditaruh di wahana satelit AQUA dan TERRA (ingat, dua nama terakhir ini bukan merk air minum, apalagi air minum isi ulang, ini adalah nama satelit di angkasa sana, miliknya Om USA).

Bagi yang belum pernah lihat AQUA, ini gambarnya

aqua_instruments

Ada juga gambar Terra, seperti dibawah ini

earth_am1

Kembali ke MODIS, seperti disebutkan diawal tadi, sensor MODIS di cantolkan di dua wahana yang bernama AQUA dan TERRA. Oleh karena itu, sensor ini selalu ikut kemanapun AQUA dan TERRA jalan jalan. Modis akan selalu setia pada wahananya, gak bakalan selingkuh man! Nah, untuk memudahkan kita namakan saja Modis yang nyantol di AQUA dengan nama Aqua Modis dan Terra Modis untuk Modis yang ada di wahana Terra. Jika disebutkan hanya MODIS berarti merujuk ke kedua nama tadi. 

Terra bergerak dari utara ke selatan (descending) berkeliling bumi setiap hari dan berada di atas indonesia (equator) pada pagi hari, kapan itu? sekitar jam 10.30. Sementara Aqua bergerak berlawanan arah, dari selatan ke utara (ascending), juga mengelilingi bumi dan melintas diatas indonesia pada sore hari, sekitar jam 13.30

MODIS memiliki spectral band  sebanyak 36 buah, terletak wavelength interval 0.4 µm to 14.4 µm dengan radiometric resolution 12 bit, temporal resolution 1-2 hari, dan spatial resolution  250 m (bands 1-2), 500 m (bands 3-7), 1000 m (bands 8-36)(yang belum tahu resolusi resolusian, silahkan kembali ke dongeng sebelumnya)

Jika anda ingin membaca spesifikasi lengkap modis, silhkan unduh brosur MODIS modis, lihat juga video tentang MODIS. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan langsung melalui fasilitas komentar.

Catatan: Image Processing Modis akan di sajikan dalam dongen terpisah.

Selamat Istirahat! Semoga tambah pinter!!

1 thought on “Spesifikasi Sensor MODIS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: