Buah Buahan dalam Alqur’an

Posted on: 26 Dec, 2007, by :

Buah Tin
Buah Tin hanya disebutkan satu kali dalam al Qur’an, yaitu di surat At Tin ayat 1. disebutkan dalam ayat ini sebagia sumpah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Buah ini tidak terdapat di negeri Hejaz atau Madinah.

Dalam sebuah riwayat, Abu Darda’ berkata bahwa suatu ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam diberi hadiah sekantong Buah Tin. Beliau lalu bersabda, “ makanlah”. Beliau juga ikut memakan buah itu dan kemudian bersabda, “ jika aku berkata ada buah yang turun dari surga, maka inilah buahnya, karena buah surga itu tidak ada bijinya. Maka makanlah buah ini karena ia dapat mengobati penyakit ambeien dan encok”

Buah Tin mengandung kadar gula yang tinggi. Juga terdapat mineral, diantaranya adalah kalsium, fosfor dan zat besi. Buah Tin juga mengandung vitamin A, B, C dan K (yang dominan dalam proses pembekuan darah bandan penghentian pendarahan).

Penelitian medis menyatakan bahwa Buah Tin bisa mengobati sembelit, luka luka, gangguan haid dan diuresis (melimpahnya air seni).

Buah Zaitun
Buah Zaitun diterangkan Allah Subhanahu wa Ta’ala di beberapa tempat dalam Al Qur’an, yaitu dalam Surat At Tin ayat 1, Abasa ayat 27-31, Al Mukminun ayat 20, An Nahl ayat 10-11 dan Al An’am ayat 141.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam pernah berwasiat tentang Buah Zaitun dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah Radhiyallohu’anhu, yang artinya “ Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya, karena ia termasuk pohon yang diberkahi” (HR Turmudzi dan Ibnu Majah)

Pohon Zaitun banyak tumbuh di daerah Timur Tengah. Semua yang terkandung di dalamnya bermanfaat bagi manusia: minyaknya, kayunya, daun serta buahnya. Buah Zaitun terdiri atas lebih kurang 67 % air, 23 % minyak, 5 % protein dan 1 % mineral. Vitamin yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A, B, C dan D. Sedangkan mineralnya terdiri dari kalsium dan zat besi.

Selain itu di kalangan bangsa arab, minyak zaitun terkenal dengan kejernihan dan kebeningannya. Allah berfirman yang artinya: “ … yang minyaknya ( minyak zaitun) saja hampir hampir menerangi walaupun tidak disulut api…” ( QS. An Nuur 35). Minyak zaitun termasuk triglyceride yang tidak berlemak sehingga sangat baik dikonsumsi bersama makanan lain.

Penelitian kedokteran menunjukkkan bahwa minyak zaitun memiliki manfaat untuk peningkatan pembentukan empedu, menghancurkan batu ginjal dan mengobati diabetes. Juga bisa dipakai sebagai obat reumatik, peradangan tulang, pembengkakan sendi dan penghalusan kulit. Jika dipakai sebagai sampo atau minyak rambut, minyak zaitun bisa membantu menghindarkan kerontokan rambut.

Buah Delima
Buah Delima (rumman ) dalam Al Quran disebutkan di beberapa tempat, yaitu dalam Surat Al An’am 99 dan 141, serta Ar Rahman 68. Dalam sebuah hadits mauquf dan marfu’, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda bahwa Buah Delima termasuk buah surga. “ Tak satupun buah delima yang kalian tanam, melainkan ia dibuahi dengan biji buah delima surga”. Harb dan lainnya meriwayatkan juga dari Ali bin Abi Thalib bahwa Rasulullah bersabda yang artinya, “ Makanlah Buah Delima beserta minyak dan atau lemaknya karena ia dapat mengaktifkan pencernaan” (HR. Imam Ahmad). Ibnu Qayyim dalam Buku At Tibb An Nabawi, berkata tentang buah delima’ “ Sesungguhnya buah delima itu sangat baik untuk perut karena dapat menguatkannya”.

Bagian bagian Buah Delima, terutama kulit luarnya mengandung asam tanat ( Tannic Acid) yaitu zat pembasmi dan pembersih bakteri. Sedangkan jika diperas (dibikin jus) selain mengandung Tannic Acid juga zat gula mentol dan unsur besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Menurut Ilmu Kedokteran, Buah Delima mempunyai manfaat antara lain; mengobati diare, ambeien, pelega nafas, cacingan, radang gusi, radang lambung dan obat mata.

Buah Kurma
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada Maryam, “ Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamui.. (QS Maryam 25-26)

Buah Kurma bermanfaat sebagai obat cacing, penyakit kandung kemih, lambung dan usus, juga bisa digunakan sebagai penenang syaraf dan mencerahkan pandangan mata. Buah Kurma yang kering juga sangat baik untuk membantu kelancaran persalinan dan merangsang ASI setelah melahirkan.

Buah Anggur
Dalam Al Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala sering menyebutkan Buah Anggur. Buah Anggur merupakan nikmat Allah yang dianugrahkan kepada hamba hambaNYA di dunia ini dan di Akhirat kelak. anggur termasuk buah buahan yang sangat bagus dan banyak manfaatnya. Ia adalah salah satu dari tiga buah buahan yang disebut sebagai “ raja buah buahan” disamping kurma dan tin.

.. bersambung

Sumber: Majalah Donatur YPU

4 thoughts on “Buah Buahan dalam Alqur’an

  1. subhanallah…

    kini aku tau, kenapa “beliau” menyebutku delima, mungkin beliau mendoakan aku agar punya sifat yang indah sperti delima, amin…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: