Takut Dikritik

Home  >>  Pendidikan  >>  Takut Dikritik

Takut Dikritik

24
Aug,2007

0
Banyak orang yang sangat takut dikritik. Orang orang ini cenderung mengikuti falsafah Jan Spoelman ” kalau ragu ragu, lebih baik tidak usah dilakukan saja”.

Kalau kita berpedoman pada sejarah, ternyata orang orang terkenal yang berhasil adalah mereka yang paling banyak dikritik tetapi tegar. Salah seorang diantara mereka adalah seorang pendeta berkebangsaan inggris bernama george whitefield. Dia adalah seorang tokoh yang paling banyak dikritik pada zamannya. Musuh musuhnya mengancam akan membunuhnya dengan menyewa pembunuh bayaran. Mereka mengancam dan mengusirnya dari tanah airnya, tetapi dia tidak mengindahkan semua ancaman itu. Mereka mengusirnya dari gereja dan memakasanya berkhotbah di jalanan. Mereka bahkan menyewa orang orang berpakaian setan utnuk menghinanya. Tidak hanya itu, dia juga dilempari kotoran, telur, tomat dan bangkai kucing, dan kepalanya terus dilempari batu sampai berdarah.

Tokoh Tokoh besar semasa white field, seperti: DR Samuel Johnson, Sir Joshua Reynolds, Oliver goldsmith, William Hogarth, Horace Walpole, Duchess of Buckingham, sangat melecehkannya.

Tetapi segala kritik dan kendala tidak emmbuatnya putus asa untuk meneruskan misinya. Ribuan orang malahan berdatangan dari luar London untuk mendengarkan khotbahnya. Ia memberi khotbah di pertambangan Wales&Scotland. Dan akhirnya ia berhasil mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke panti pantia suhan.

Sebelum berhasil, mungkin saja white Field, setiap pergi tidur senantiasa dibayangi setidak tidaknya 10 jenis kegagalan. Ditambah lagi, ia mengahdapi kitik demi kritik tap harinya, tapi dia pantang menyerah, karena dia tahu apa yang dilakukannya itu positif.

Jika anda takut akan kritik, yakinlah bahwa apa yang anda lakukan adalah benar dan janga pernah mempedulikan penilaian orang lain terhadap diri anda. Dalam hidup ini, tentunya kita acap kali menerima  kata kata yang nadanya negatif. Inis esuai dengan kata kata  Lloyd Cory yang berbunyi” mengkritik 100 kali jauh lebih mudah daripada memuji”

Kalau kita berpedoman pada sejarah, ternyata orang orang  terkenal yang berhasil adalah mereka yang paling banyak dikritik tetapi tetap tegar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: