Larangan Berzina, Membunuh dan murtad

Home  >>  Islam  >>  Larangan Berzina, Membunuh dan murtad

Larangan Berzina, Membunuh dan murtad

14
May,2007

0

Hadist Arba’in An-Nawawi (Hadist Ke-14)

Matan
Dari Ibnu Mas’ud r.a, ia  berkata :  Rasulullah SAW bersabda:” tidak halal darah seorang muslim kecuali karena salah satu diantara tiga perkara: orang yang telah kawin berzina, jiwa dengan jiwa dan orang yang meninggalkan agamanya yaitu merusak jama’ah (HR Bukhari dan Muslim)

Syarah dari Ibnu Daqiq Al ‘Ied
Pada riwayat lain disebutkan: “ tidak halal darah seorang muslim yang telah bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya aku adalah rasul Allah, kecuali karena salah satu dari tiga hal”

Kalimat “ telah bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku adalah rasul Allah” meupakan penjelasan dari kata “muslim”. Kalimat yang merusak jama’ah adalah penjelasan dari kata “yang meninggalkan agamanya”

Ketiga golongan ini darahnya dihalalkan secara nash. Yang dimaksud dengan dengan “ jama’ah” adalah kaum muslim, dan yang dimaksud dengan “ merusak jama’ah “ adalah keluar dari agama(murtad). Inilah yang menyebabkan darahnya dihalalkan.

Kalimat “ orang yang telah kawin berzina” mencakup laki laki dan perempuan. Hadits ini menjadi dasar kesepakatan kaum muslim orang yang berzina seperti itu dirajam dengan syarat syarat yang dijelaskan dalam kitab fikih

Kalimat “ jiwa dengan jiwa” sejalan dengan firman Allah:” dan telah Kami tetapkan didalam Taurat bahwa jiwa dengan jiwa”(Alma’idah:45). Maksud dari “jiwa dengan jiwa “ ini adalah “membunuh”.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: