9 Tahun Kelola Media Sosial ITS, Saatnya Undur Diri

Posted on: 8 Jul, 2019, by :
4 Juli 2019, adalah saat di mana saya dengan kebulatan tekad memutuskan untuk berhenti mengelola 4 akun media sosial ITS (Facebook Page, Twitter, Instagram, Line@ dan juga sebuah website sekoci its.ac.id yang beralamat di itsnet.web.id). Perjalanan panjang penuh liku, banyak dukanya, lebih banyak bahagianya.

Ijinkan saya mengingat kembali kelahiran dan perjalanan masing-masing akun ini. Semoga menjadi kenangan yang tak terlupakan.

1. Facebook ITS: Insitut Teknologi Sepuluh Nopember

Akun FB ini dibuat sekitar 7 April 2010, sebagai fanspage ITS di dunia maya. Saya membuat akun ini dari sebuah kamar asrama di NCU Taiwan, beberapa bulan sebelum saya menyelesaikan S2 saya di CSRSR. Waktu itu, belum ada FB page yang dimiliki ITS, hanya ada satu akun yang mengatasnamakan ITS tetapi dikelola oleh mahasiswa (dan isinya tidak sesuai dengan kebutuhan ITS dan orang yang memerlukan informasi seputar ITS. Sepulang dari Taiwan, akun ini tumbuh makin pesat, karena berbarengan dengan masa Pilrek. Saat ini selain berfungsi sebagai fanspage, akun ini juga bisa digunakaan sebagai place di FB. Jadi ketika kita mengapload video dan atau foto, kita bisa menulis place nya dengan nama akun ini.

2. Twitter @ITS_Surabaya 

Dalam rangka mendukung perjuangan tim Shell Eco Marathon ITS di Sepang, Maka pada tanggal 28 Mei 2010 akun ini diciptakan dengan meminta bantuan seorang alumnus S2 Statistik ITS yang sedang studi di Luar Negeri. Mengapa perlu meminta bantuan orang luar?, alasan utamanya adalah karena diblokirnya akses twitter dari jaringan kampus (waktu itu). Akun ini kemudian berubah menjadi ujung tombak pertukaran informasi terkait ITS. Mengelola akun ini menjadi selingan saya ketika menyelesaikan S3 di University of Tsukuba, Jepang. Alhamdulillah, Dua kawan saya, satu di Irlandia dan satunya di Belanda, membantu membackup saya. Beberapa dosen yang tinggal di ITS juga menyuplai informasi yang dibutuhkan.

3. Website sekoci
Dengan berkembangnya kedua akun di atas, maka dirasa perlu untuk membuat website yang beralamat di itsnet.web.id (pada awal Agustus 2012) agar informasi informasi penting bisa diarsipkan dalam sebuah tempat. Website ini merupakan inisiatif Relawan ITS untuk menyediakan informasi pinggiran seputar kampus ITS. Informasi yng ditampilkan di website ini dikumpulkan dari saweran informasi followers dan fans dari dua akun jejaring sosial yang telah lebih dahulu kami kelola.

4. Instagram ITS_Campus dan Line@ @ITS_Campus
Setelah menyelesaikan studi dan kembali ke Indonesia, kemampuan saya mengelola media media di atas menurun drastis, apalagi kawan kawan seperjuangan berguguran karena kesibukan masing-masing. Tapi semua harus jalan, walau banyak idealisme yang harus dikorbankan. Januari 2018, saya meminta ITS untuk mengakuisisi akun akun di atas, Alhamdulillah bersama humas dan tim khusus, selama satu tahun lebih, kami berhasil menciptakan sistem pengelolaan yang lebih baik.

Dalam perjalanan di satu tahun terakhir, saya lakukan perubahan nama dari akun yang ada, agar sama untuk platform lain yang digunakan. Setelah menempuh sedikit riset, saya menemukan nama ITS_campus. Twitter, IG dan Line@ menggunakan @its_campus

Akhirnya, tibalah saat itu. Ketika saya merasa yakin, jika media ini bisa jalan tanpa saya lagi. Selamat berkarya untuk tim yang telah dibentuk, banyak terobosan yang harus dilakukan untuk memberikan layanan prima bagi segenap mahasiswa, dan semua civitas akademika ITS.

Salam!

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: