Cara Mendapatkan Data Titik 3D dari Sumber Terbuka
Posted on: 13 Apr, 2017, by : lmjaelani

Untuk keperluan praktis yang tidak memerlukan akurasi yang tinggi, sering kali kita membutuhkan data 3d (x,y dan elevasinya) secara cepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya dengan menggunakan data hipsografi yang ada di inageoportal, mengekstrak data dari google earth dan mengekstrak data dari data DEM (misal SRTM dll). Kali ini, kita akan mencoba untuk mengekstrak data tersebut dengan memanfaatkan aplikasi online yang ada di ZONUMS.

zonums point extraxtor

Zonums memanfaatkan data elevasi yang bersumber dari data DEM, seperti bisa dilihat di bawah

Sumber Data Elevasi

Prosedur pengoperasian aplikasi ini cukup mudah dan tanpa menggunakan software tambahan lainnya.

  1. Buka http://www.zonums.com/gmaps/terrain.php
  2. Tentukan Lokasi yang akan diekstrak. Bisa dilakukan dengan memasukkan koordinat titik paling utara barat dan titik paling selatan timur, atau dengan zoom in peta daerah yang akan diextrak. Untuk cara yang terakhir ini, jangan lupa klik menu get extent from map.

    Penentuan Lokasi dan Metode Sampling
  3. Tentukan metode sampling titik, apakah acak atau teratur. Jika memilih acak, cukup masukkan jumlah titik (maksimal 5000 titik),jika memilih uniform grid (teratur) masukkan jumlah baris dan kolom (pastikan perkalian baris dan kolom tidak melebihi angka 5000.
  4. Klik menu get elevation. Akan ada pilihan untuk mencentang draw atau tidak, jika dipilih titik akan digambar di peta. Ingat, opsi ini akan memperlambat proses.

    Elevation Extractor
  5. Klik Report, tentukan separator dan satuan dari ketinggian. Selanjutnya, akan disajikan tabel x, y, z. Salin data ini dan tempelkan di notepad.

    export to excel
  6. Buka excel dan cari file notepad tadi, edit seperlunya.
  7. Buka file excel yang baru dari arcgis, ubah ke SHP, baik sebagai titik maupun kontur.
Titik Tinggi dan Kontur

Leave a Reply

%d bloggers like this: