Layer Stacking, Beberapa Layer Jadi Satu File
Posted on: 3 Mar, 2017, by : lmjaelani

Layer Stacking atau kadang disebut juga sebagai Band Stacking, diperlukan jika kita memiliki lebih dari satu band/layer yang terpisah file/ productnya. Pada gambar di bawah, terdapat 3 kanal (Band 2, Band 3 dan Band 4) yang secara berurutan adalah kanal Biru, Hijau dan Merah dari Landsat 8. Jika Anda mengunduh data melalui earthexplorer dan membuka satu persatu file secara terpisah (bukan dengan membuka MTL filenya), maka masing masing kanal akan berdiri sendiri dan berada dalam “wadah” sendiri.

Kanal Mandiri dalam Wadah/Produk yang terpisah

Kondisi di atas juga akan kita temui jika mengunduh data untuk kanal yang diperlukan saja lewat Land Viewer. Efek nya apa? Walau cara mengunduh lewat land viewer memudahkan kita untuk hanya mengambil data yang diperlukan saja, misal ambil 3 kanal bukan 11 kanal, tapi beberapa orang akan kesulitan untuk membuat band composite dari data yang sudah diperoleh tersebut. Syarat 3 buah kanal bisa dicomposite adalah ket-3 kanal tersebut berada dalam satu wadah/produk atau file. Untuk itu, diperlukan cara menggabungkan ketiga file tadi (bisa berapapun jumlah filenya, tidak harus tiga) dengan menggunakan layer stack.

File baru bernama LayerStack dengan tiga buah layer di dalamnya

File di atas kini berisi tiga buah kanal di dalamnya, dengan kondisi data seperti ini kita bisa melakukan band composite. Hasilnya bisa dilihat di bawah:

Hasil Band Composite

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: