Pentingnya Kombinasi Band Composite Untuk Identifikasi Objek

Posted on: 21 Feb, 2017, by :
http://www.stadiumguide.com/wp-content/gallery/farumpark/farumpark2.jpg

Ada dua cara interpretasi citra satelit, yang pertama adalah interpretasi secara visual dan yang kedua adalah interpretasi secara numerik (dengan memanfaatkan beberapa algoritma model yang menghubungkan antara physical parameter dari objek dengan respon spektral dari objek tersebut. Interpretasi cara pertama adalah yang paling mudah dan murah, karena tidak memerlukan keahlian khusus dan tidak memerlukan ketersediaan kanal yang banyak (cukup RGB atau ditambah dengan NIR misalnya, jika studi tentang vegetasi), serta format data cukup Digital Number saja.

Dalam interpretasi ini, pengguna sebaiknya tidak merasa cukup dengan kenampakan alam (natural color) yang disusun dari tiga kanal utama (R, G dan B), perlu kiranya untuk mencoba band composite lainnya sebelum bisa dengan yakin memutuskan apakah suatu objek adalah A atau tidak.

Berikut adalah contoh yang sangat mudah dipahami. Sebuah lapangan bola dengan rumput sintetis (Artificial turf) yang saya dapatkan di Denmark

 

http://www.stadiumguide.com/wp-content/gallery/farumpark/farumpark2.jpg
FC Nordsjælland mod OB i Farum Park. Resultat 0-0

Farum Park was the first Danish top league club to install an artificial pitch at their stadium. This was done before the 2012/13 season

Farum park dilihat dari Google Map
https://www.google.com/maps/@55.8157373,12.3527229,527m/data=!3m1!1e3!5m1!1e4?hl=en-US

Untuk memudahkan pengecekan, apakah rumput yang ada di lapangan bola di atas adalah rumput asli atau sintetis, kita bisa menggunakan Landviewer. Jangan lupa memilih data Sentinel 2 (tidak disarankan menggunakan Landsat karena resolusi spasial yang hanya 30 m).

Jika dilihat dari band composite: natural color, tidak bisa dibedakan antara rumput sintetis dengan rumput asli, sebagaimana bisa kita lihat di gambar di bawah:

Warna hijau di lapangan bola yang sama dengan warna hijau di sekitarnya
Color Infrared (warna merah adalah vegetasi). Lapangan bola tidak berwarna merah

Dengan dua kombinasi di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa lapangan bola tidak ditutup oleh vegetasi alias menggunakan rumput sintetis. Tutupan vegetasi dapat dilihat di utara lapangan bola yang berwarna hijau di warna natural dan berwarna merah di warna infrared.

Link penting:

  1. Natural Color
  2. Color Infrared

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: