Iklan Geomatika, di balik layar
Posted on: 28 Feb, 2017, by : lmjaelani

Tahun lalu, saya berinisiatif untuk mencari cara lain dalam promosi Jurusan ( saat ini menjadi Departemen) Teknik Geomatika. Cara konvensional yang saat ini ditempuh oleh banyak departemen di kampus ITS, dengan mendatangi sekolah sekolah di berbagai daerah nampaknya tidak memberi imbal balik yang signifikan. Terutama sekali untuk beberapa departemen yang jarang diketahui oleh siswa-siswi SMA/sederajat, salah satunya adalah Teknik Geomatika. Di ITS saja, departemen ini menempati posisi 5 kecil ( alias lima besar dari bawah) untuk kategori rasio kuota dan peminat yang hanya bertengger di angka 1 kuota direbut 15 orang pendaftar. Walau angka rasio ini tidak terkait langsung dengan kualitas pendaftar, paling tidak jumlah pendaftar yang banyak akan cenderung menghasilkan calon mahasiswa baru yang lebih berbobot.

Melihat cara berkomunikasi mahasiswa baru yang masih mirip dengan siswa SMA, cara-cara konvensional kalaupun tidak dihapus sama sekali, perlu untuk dibackup oleh serangan udara dari iklan di media sosial. Untuk itu, Desember tahun lalu, saya mengajukan usul ini kepada Kepala Departement Teknik Geomatika. Usul yang langsung mendapatkan angin segar, langsung saya tindak lanjuti dengan meminta bantuan Crew ITSTV. Januari 2017, diskusi dimulai dengan Mbak Fani, yang kemudian bertindak sebagai project manager. Diskusi lebih dalam selanjutnya saya lakukan dengan Mas Nicko (bertindak sebagai Director). Sejak awal diskusi, saya sampaikan kepada mereka berdua, bahwa saya hanya punya ide dan sedikit kemampuan untuk menilai sebuah produk iklan video bagus atau tidak. Sementara bagaimana cara menjadikannya bagus, saya tidak tahu.

Kerangka Iklan

Pada tanggal 17 Januari 2017, ide ini saya tuangkan dalam bentuk kerangka iklan. Selanjutnya, draft pertama naskah iklan saya tulis sendiri dalam waktu 2 minggu. Naskah ini kemudian dipelajari oleh Crew ITS Tv dan beberapa kali mengalami revisi konten dan bahasa dari saya dan Mas Nicko.  Sambil menunggu naskah ini, satu hal yang ada dalam pikiran saya adalah, video iklan ini harus mampu memberi gambaran sederahana kepada calon mahasiswa tentang dua hal saja: apa itu geomatika dan setelah lulus bisa bekerja di bidang apa. Di luar itu, saya hanya ingin memberi kesan kuat, bahwa Geomatika itu keren dan bukan jurusan sembarangan.

Pada tanggal 2 Februari 2017, setelah sibuk mencari model yang pas dengan skenario di atas, kami memulai untuk melakukan pengambilan video dan meminta koleksi gambar aktivitas pekerjaaan lapangan dari himpunan mahasiswa dan alumni. Tanggal 3 februari, pengambilan gambar tahap pertama berhasil dilakukan, kesan hasil akan bagus sudah terlihat.

Pengambilan video tahap 1

Rinal dan Maya, berhasil membuat saya makin yakin jika target dari video ini akan bisa diraih. Kombinasi mahasiswa angkatan 2013 dan 2015 sangat bagus, mereka cepat sekali dalam belajar dan menghapal naskah.

Target waktu penyelesaian video iklan ini sebenarnya adalah tanggal 12, sesuai dengan jadwal awal pembukaan SNMPTN 2017, namun karena beberapa kendala teknis akhirnya baru selesai hari jumat 24 Februari dan perlu beberapa perbaikan sehingga bisa officially diluncurkan hari ini tanggal 28 Februari.

Iklan telah menyebar

Selanjutnya, di pagi hari ini (selasa), video telah kami iklankan melalui Facebook Ads dan akan menjangkau siswa-siswi di Indonesia yang punya rentang umur 17-19 tahun. Keberhasilan dari experimen ini akan dilihat setelah pengumuman SNMPTN, SBMPTN dan SMITS ITS 2017 nanti. Semoga ada imbasnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Teknik Geomatika.

Terimakasih

Terimakasih untuk Pak Husnul yang telah menjadi pilot drone yang baik, juga Bu Mei yang sangat sabar memastikan semua kebutuhan dalam proses pengambilan gambar bisa berjalan dengan baik, dan semua pihak yang telah membantu eksperimen ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: