Kalibrasi Radiometrik ALOS AVNIR-2
Posted on: 13 Apr, 2015, by : lmjaelani

Kalibrasi Radiometrik  merupakan langkah pertama yang harus dilakukan saat kita mengolah data citra satelit. Tujuan utama dari Kalibrasi radiometrik ini adalah untuk mengubah data pada citra yang (pada umumnya) disimpan dalam bentuk Digital Number (DN) menjadi radiance dan/atau reflectance sebagaimana yang telah dijelaskan disini untuk LANDSAT.

Kali ini, kita akan melakukan kalibrasi radiometrik untuk ALOS AVNIR-2 processing level 1B2 (produk ini sudah terkoreksi geometriknya).

ALOS AVNIR-2 Selat Madura
ALOS AVNIR-2 Selat Madura

Rumus umum dari kalibrasi radiometrik berlaku juga untuk ALOS AVNIR-2:

Lλ = ML*Qcal + AL

dimana, Lλ merupakan radiance (Watts/( m2 * srad * μm), ML merupakan gain, Qcal merupakan digital number dari citra, dan AL merupakan offset.

Pada rumus di atas, hanya dua parameter yang tidak diketahui : Gain dan Offset. Kedua parameter ini bisa ditemukan pada file LED

Struktur File ALOS AVNIR-2
Struktur File ALOS AVNIR-2

Bukalah file LED (seperti contoh di atas file ‘LED-ALAV2A245213740-O1B2R_U’) dengan wordpad, maka parameter yang diperlukan dapat dilihat seperti gambar di bawah:

Gain Offset ALOS-AVNIR-2
Gain Offset ALOS-AVNIR-2

Sehingga, gain dan offset untuk citra Alos di atas adalah sebagai berikut:

Gain dan Offset
Gain dan Offset

Atau, jika kesulitan membaca Gain dan Offset dari LED file, silahkan buka file Citra ALOS AVNIR-2 langsung menggunakan perangkata lunak BEAM-VISAT, dengan perangkat lunak ini, metadata bisa dibaca secara langsung seperti berikut:

ALOS Gain Offset - BEAM Visat
ALOS Gain Offset – BEAM Visat

Belum cukup dengan itu, kabar gembiranya BEAM-VISAT secara otomatis melakukan kalibrasi radiometrik untuk Anda!. ini buktinya:

Kalibrasi Radiometrik Otomatis di BEAM-VISAT
Kalibrasi Radiometrik Otomatis di BEAM-VISAT

Setelah melakukan kalibrasi radiometrik untuk empat data ALOS AVNIR-2 yang berbeda, saya menemukan satu informasi penting, bahwa parameter kalibrasi (gain dan offset) untuk semua data ALOS-AVNIR-2 adalah tetap alias sama.

ALOS GAIN OFFSET untuk 4 data berbeda
ALOS GAIN OFFSET untuk 4 data berbeda

Namun, sebagai bentuk kehati-hatian, Anda harus memeriksa metadata untuk setiap data.

Leave a Reply

%d bloggers like this: