Radar Hujan Tak Akan Bisa Atasi Banjir Jakarta

Posted on: 17 Jan, 2013, by :
Spread the love

“Curah hujan di Jakarta tinggi, ditambah dengan adanya banjir kiriman. Radar hujan ini mampu mengurangi debit air hujan di ibukota,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (16/1). Republika -Rabu, 16 Januari 2013, 13:50 WIB

[Sasak.Org] Apa yang sedang dipikirkan Wakil Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama saat membuat statement di atas? yang jelas, DKI Jakarta akan segera membeli Radar Hujan yang rencananya akan beroperasi pada Oktober ini.

Dari informasi yang dikirimkan kawan saya yang bekerja di BMKG, curah hujan di Jakarta sebenarnya tidaklah tinggi. Kawan ini mengirimkan data berikut sebagai bukti :

  1. Kedoya 125 mm
  2. Cengkareng 103 mm
  3. Tanjung Priok 95 mm
  4. Kemayoran 81 mm
  5. Pantai Indah Kapuk 80,5 mm
  6. Gunung Emas-Bogor 76 mm
  7. Cibereum-Bogor 61 mm
  8. Ciledug 59 mm
  9. Pakubuwono 57 mm
  10. Pasar Minggu 44 mm
  11. Lebak Bulus 40,9 mm
  12. Darmaga-Bogor 26 mm
Jadi, banjir besar yang terjadi kemarin dan hari ini bukanlah semata-mata disebabkan oleh derasnya guyuran air hujan dari langit Jakarta. Beberapa faktor yang menyebabkan banjir di Jakarta menjadi musibah rutin, bisa dilhat di daftar berikut :
  1. Kiriman air bah dari daerah yang lebih tinggi (Bogor dan sekitarnya),
  2. Saluran air (gorong gorong, sungai dll) yang tidak berfungsi dengan baik
  3. Daya dukung tanah yang tidak cukup. Daerah resapan air sangat kurang dan tanah yang telah jenuh.
  4. Air dari darat tidak bisa dibuang ke laut, akibat muka air laut yang tinggi. Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat ketinggian tanah jakarta tak beda jauh dengan muka air laut (beberapa tempat malah lebih rendah), akan lebih parah lagi jika air laut bertambah tinggi akibat gaya gravitasi bulan saat purnama.

Sekali lagi, penggunaan radar curah hujan bukanlah solusi untuk banjir Ibu Kota, karena radar ini hanya mampu melakukan tugas penginderaan dari sisi curah hujan, arah dan kecepatan angin serta tekanan udara di daerah dalam cakupan kerjanya.[]

Leave a Reply

%d bloggers like this: