Jejak Ann Dunham, Ibunda Obama di Pulau Lombok

Posted on: 12 Jan, 2012, by :
Spread the love

Siapa yang tak kenal dengan Obama?, Presiden Amerika kulit hitam yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia.?. Sebagian orang Indonesia pasti tahu dengan sosok presiden ini. Namun ketika ditanya tentang Ann Dunham, mungkin banyak diantara kita yang tidak mengenal sosok di balik kehebatan seorang Obama. Wanita kelahiran 24 November 1942 di Kansas ini adalah Ibunda Obama.

Setelah menikah untuk kedua kalinya dengan Lolo Soetoro, Seorang Warga Negara Indonesia, Ann Dunhan menetap di Jakarta, terhitung mulai 1967. Selama di Indonesia, Ia  mengajar Bahasa Inggris di Jakarta. Hanya 4-5 tahun saja ia tinggal di Jakarta, kemudian kembali ke Amerika.

Di awal 1970, Ann Dunham kembali masuk kuliah dan mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan MA nya.  Mengambil topik seputar kerajinan Pande Besi membawanya kembali ke Indonesia. Tahun 1992 atau  3 tahun sebelum ia meninggal, thesisnya dibukukan dengan judul “Peasant Blacksmithing in Indonesia: Surviving and Thriving Against all Odds”

Ann Dunham at Lombok Island (Hawaii University)
Ann Dunham at Lombok Island (Hawaii University)

Selama mengadakan penelitian di Jawa, Ann Dunhan juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pulau Lombok, bertemu dengan para pengrajin pande besi di pulau nan elok di timur Bali ini. Foto foto yang dimiliki Departemen Antropology Universitas Hawaii, memperlihatkan aktivitas Dunham selama di Lombok [lmj]

Tulisan ini dimuat di http://www.sasak.org/2012/01/12/jejak-ann-dunham-ibunda-obama-di-pulau-lombok/

2 thoughts on “Jejak Ann Dunham, Ibunda Obama di Pulau Lombok

Leave a Reply

%d bloggers like this: