Arrisalah – Film Penting Itu!

Posted on: 1 Jan, 2012, by :
Spread the love
Ar Risalah

Jujur, sudah berkali kali saya mendengar judul film ini, pernah juga memutarnya di youtube. Namun satu yang pasti, saya sampai saat ini belum pernah merasakan isi film ini merasuk dalam jiwa saya, sebagaimana dua buah film karya Kang Abik : Ayat ayat Cinta dan Ketika Cinta bertasbih, Film lainnya adalah Emak Ingin Naik Haji, dan juga film Sang Murabbi. Film film terakhir yang saya sebutkan ini bisa merasuk dan bertahan lama dalam memory saya. Mengulang dan menyaksikan kembali tetap tidak membuat bosan.

Lantas apa yang membedakannya dari Film Arrisalah (The Message)?, padahal saya sangat yakin dapat mengambil pelajaran berharga jika menontonnya. Film yang mengisahkan betapa beratnya perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan Islam ini ternyata dibuat dalam dua versi, versi arab dengan judul Ar Risalah dan versi inggris dengan judul The Message. Dua versi ini bukanlah hasil dubbing antar versinya, melainkan berdiri sendiri dengan pemeran yang berbeda. Pantas saja, saya menemukan sesuatu yang garing ketika menonton versi inggris (yang saya pilih dengan anggapan lebih mudah dari versi arabnya).

Versi The Message tak bisa menyentuh jiwa saya karena memang keterbatasan bahasa inggris yang saya miliki, tapi yang tak kalah kuat penyebabnya adalah karena banyak dialog yang mestinya tetap menggunakan bahasa arab, namun secara total diganti menggunakan bahasa inggris. Misalnya, pengucapan “ayat ayat Allah” dalam dialog “harusnya tetap” menggunakan bahasa aslinya (=arab), juga dialog standar yang sudah terbiasa di dunia Islam alangkah baik dan mengena jika tidak di alihbahasakan.

Setelah membaca ulasan dari Ust Sarwat, saya semakin jelas. Memang beda sekali tujuan kedua versi ini. Versi bahasa inggris ditujukan untuk orang barat, penggunaan bahasa “ibu” mereka diharapkan akan memudahkan pemahaman.

Kini, Alhamdulillah, saya menemukan ruh yang hilang dalam film Ar Risalah, dengan menonton versi arab plus dengan bantuan subtitle dalam bahasa inggris. Yang luar biasa, Ust Sarwat telah membuatkan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Ada juga terjemahan versi Eby Islam yang tersedia di youtube, namun sayang sekali yang subtitle indonesia ini menempel di The Message, bukan Ar Risalah. Ini akan mempermudah dalam penghayatan dan pengambilan manfaat sebanyak banyaknya dari Ar Risalah.

2 thoughts on “Arrisalah – Film Penting Itu!

Leave a Reply

%d bloggers like this: