Mengurus Multiple Re-entry Visa di Mito

Posted on: 29 Dec, 2011, by :

Seperti halnya hidup di berbagai belahan dunia lainnya, setiap orang asing yang hidup di Jepang tentunya harus tunduk pada berbagai aturan administrative negara. Pada awal awal kedatangan di Jepang, ada beberapa hal yang harus di urus, diantaranya adalah melapor ke city hall untuk mendapatkan Alien Registration Card (ARC), di tempat yang sama anda juga bisa mendaftar asuransi jiwa (wajib bagi pendatang yang akan stay lebih dari 3 bulan). Jangan lupa untuk membuka rekening bank lokal. Rekening bank ini nantinya menjadi syarat untuk membuka layanan telepon pascabayar.

Selain harus memiliki ARC, Insurance Card dan Rekening Bank, ada satu hal lagi yang harus dimiliki setiap warga asing: VISA multiple re-entry, terkhusus bagi mereka yang berencana keluar masuk jepang dengan berbagai alasan : liburan, mengunjungi keluarga, menghadiri konferensi internasional dan lainnya. Jika kita keluar dari Jepang tanpa memiliki VISA multiple re-entry sebelumnya, maka dengan sangat terpaksa harus mengurus visa dari awal di Japan Embassy. Yang terakhir ini tentu lebih ruwet dan berbiaya dibanding dengan mengurus multiple re-entry ini.

Sebelum mengurus VISA multiple re-entry, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. PERTAMA jangan lupa ambil form di International Student Centre (ISC), isi dahulu. Walaupun form sejenis tersedia di kantor imigrasi, tapi mengisi form di “rumah” akan menghemat waktu antri di kantor imigrasi nantinya. KEDUA jangan lupa beli materai (revenue stamp) di konbini terdekat, harganya adalah 3000 yen untuk single entry atau 6000 yen untuk multiple re-entry. Saya sendiri membeli yang kedua, 6000 yen agar tidak usah bolak balik kantor imigrasi setiap mau mudik. Sama seperti halnya “form”, revenue stamp ini bisa dibeli di LAWSON dekat kantor imigrasi, tapi tidak ada salahnya untuk membeli di dekat kampus saja, sehingga anda sudah siap sedia ketika sampai di Kota Mito.

Selain membawa FORM (yang sudah diisi) plus revenue stamp tadi, seperti biasa, jangan lupa untuk membawa PASSPORT, Student ID Card, dan ARC.

Jika sudah siap semua, kita lanjut saja dengan perjalanan ke Kota Mito. Oh iya, kenapa harus ke Mito? sebenarnya kita tidak harus ke Mito. Ada dua immigration bureau yang ada di dekat Tsukuba. Satu di MITO dan satunya lagi di Tokyo (TOKYO REGIONAL IMMIGRATION BUREAU). Info lengkap dapat dilihat di web ISC. Jarak kedua biro imigrasi ini dari tsukuba tidak terlalu beda jauh, satu satunya alasan mengapa anda lebih baik ke Mito adalah biro imigrasi di Mito sangat sepi jika dibandingkan dengan yang ada di Tokyo. Hanya perlu waktu kurang dari 5 menit untuk mengurus visa re-entry.

Perjalanan ke Mito sebenarnya gampang, namun bagi pendatang baru yang belum bersahabat dengan arah mata angin, tentu, segampang gampangnya perjalanan sejauh lebih dari 1 jam, akan membawa masalah tersendiri. Oh iya, Mito berada di utara kota tsukuba, silahkan lihat “peta”nya di bawah.

rute perjalanan jika pakai kereta (dari A ke B)

Ada dua cara menuju Mito dari Tsukuba, PERTAMA dengan menggunakan BUS langsung ke Mito, perjalanan maksimal dua jam, dengan rate sekali jalan 1000 Yen. Balik dari Mito ke Tsukuba juga bisa menggunakan Bus yang sama. Masalahnya cuma satu, jadwal Busnya sangat terbatas. Jadwal berangkat dari Tsukuba adalah sekitar 6.58, 14.10 dan 15.10, sementara dari arah sebaliknya pada jam 9.10 dan 19.30. Pada Musim dingin, agak berat berangkat atau pulang dengan jadwal ini, apalagi jika harus menyesuikan dengan jadwal di kampus. Supaya tidak lupa, jadwal bus bisa di lihat di sini. Cara KEDUA adalah dengan menggunakan Bus dari Tsukuba ke Tsuchiura, kemudian lanjutkan dengan kereta dari Tsuchiura ke Mito. Stasiun dan terminal busa di satu tempat. Bus dari Tsukuba ke Tsuchiura bisa ditunggu di pintu 5, biayanya adalah 510 yen (bayar di bus). Sementara kereta dari Tsuchiura ke Mito bayar 950 yen. Selain kedua cara di atas, ada cara KETIGA, yakni menggunakan kereta dari Tsukuba ke Tokyo, kemudian dari Tokyo ganti kereta menuju ke Mito. Cara ketiga ini, menempuh jarak yang lebih jauh, juga butuh biaya yang lebih mahal.

Setelah sampai Mito, jika anda masih di stasiun, silahkan keluar dari jalur SOUTH EXIT, jangan mencoba jalur NORTH exit, terutama jika tidak atau belum pernah punya pengalaman ke tempat ini. Jika keluar dari south exit, anda akan bertemu dengan sebuah jembatan yang melalui sakura river, nyebrang saja. Setelah berada di ujung jembatan, belok kiri dan cukup berjalan sekitar 3 menit (toleh ke kanan, ada bangunan warna putih) anda akan sampai di kantor imigrasi Mito. Kantor ini berhadapan dengan Toyoko-inn (yang ada di seberang sungai).

Mito Immigration
Land Mark North Exit, jika anda melihat ini maka bertobatlah, anda salah jalan, kembali ke stasiun dan keluar dari sisi selatan 🙂
Jembatan, jika anda menghadap ke belakang, maka akan terlihat pintu keluar selatan seperti yang ada di gambar. lanjutkan perjalanan!

Setelah sampai ujung jembatan, lalui saja jalan kecil sepanjang sungai, sampai menjumpai gedung berwana putih (kanan) dan gedung hotel toyoko-inn di sebelah kiri anda.

Toyoko inn Hotel, saya membelakangi gedung imigrasi ketika mengambil gambar ini
Gedung Imigrasi, pintu masuk dekat mobil itu, di lantai satu
Untuk memastikan bahwa anda berada di tempat yang benar, silahkan lihat dinding, ada tulisan seperti ini. Selamat anda telah sampai!

Nah, setelah selesai semua, perjalanan balik ke Tsukuba bisa dilakukan dengan cara berlawanan dari cara mencapai Mito. Jadi dari Mito harus naik kereta sampai Tsuchiura kemudian naik BUS dari Tsuchiura ke Tsukuba. Ada sedikit titik kritis di Tsuchiura, ketika keluar dari stasiun, jangan lupa belok KANAN. Kemudian turun. Akan ada tempat parkir bus (tidak layak disebut terminal, karena kecil). Bus ke tsukuba ada di jalur nomor 2. Semoga membantu..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: