Paket Mayat TKI kami

Posted on: 22 Apr, 2009, by :

[Sasak.Org] Mayat Mahmud (33) dari Masbagik Timur dan Malik (32) dari Montong Baan, Lombok Timur, telah tiba di Bandara Selaparang,  tidak ada yang ribut. Mayat tersebut langsung dinaikkan ke  kendaraan dan dibawa pulang ke kampung halamannya. Setiap bulan hampir saja selalu ada paket mayat TKI yang tiba di Selaparang. Bahkan, pengiriman mayat TKI  asal NTB baik dari Malaysia maupun Arab Saudi kini dinilai sebagai suatu hal yang biasa-biasa saja, hampir sama dengan paket barang,  kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD NTB TGH Abdul Hamid Faisal.

Sepanjang pengetahuan penulis, berinterkasi dengan banyak TKI khususnya di Taiwan, kasus kematian dan kecelakaan kerja sepertinya sudah sangat lumrah. Tidak hanya mayat utuh, sering kali TKI kita yang meninggal di rantauan harus kembali ke tanah air dalam wujud abu, ia telah dikremasi (dibakar) untuk selanjutnya abunya saja yang dikirim ke Indonesia. Ini ternyata masih untung, banyak juga diantara mereka yang tak jelas rimbanya. Hilang, entah kemana.

Peti MayatPeti Mayat

Kasihan Pahlawan ini, bahkan HAK terakhir mereka sebagai seorang muslimpun kadang terampas. Ia meninggalkan dunia ini tanpa di mandikan, dikafani dan disholati. Semoga Allah menerima mereka ditempat terbaik, atas jasa jasanya yang demikian besar bagi keluarga dan Bangsa ini dan atas segala hak mereka yang telah terampas. Cukup di dunia mereka sengsara, semoga surga yang kekal menjadi rumah keabadian mereka kelak.

Berdasarkan aturan hukum pekerja migran, setiap pekerja yang meninggal akan mendapatkan “imbalan” , 70% dari Asuransi dan sisanya 30 % dari agen alias PJTKI. Namun kenyataannya, tak banyak yang mendapatkan hak itu. Sudah sangat banyak keluarga TKI kita yang hanya mendapatkan kabar bahwa Pahlawan Keluarga mereka telah gugur. Tibanya paket mayat merupakan suatu anugerah walau tanpa perlindungan apa apa.

Hidup dan mati adalah taqdir, dimanapun kita berada, KEMATIAN akan menjemput, entah di luar negeri maupun di dalam kamar sendiri. Namun, setiap nyawa bangsa ini harusnya terlindungi oleh hukum dan asuransi. Untuk itu, siapapun anda yang berencana mengais rezeki di negeri orang, pastikan bahwa anda berangkat dari jalur resmi, dari PJTKI resmi dengan dokumen dan kontrak yang jelas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: