Terkejut, Bangse Sasak = Bangse Yunnan + Bangse Antu

Posted on: 17 Oct, 2008, by :

Sudah lama sekali rasanya, sejakpertama kali  menulis tentang Asal Usul Bangse Sasak, praktis tulisan tersebut yang pertama kali dimuat di situs resmi Komunitas Sasak, hanya mengalami dua kali revisi. Sengaja saya tidak melakukan revisi, menunggu ada infromasi besar yang radikal sebagai alasan menerbitkan versi ke 3.

Memang, sejak awal kehadirannya, tulisan tersebut tidak dan bukan merupakan tulisan ilmiah yang “dapat” dipertanggung jawabkan. Tulisan itu hanyalah hasil penelusuran dari sudut pandang sempit saya. Tak mengapa, karena kehadirannya sungguh menjadi gerbang awal penguakan sejarah besar Bangse Sasak.

Hari ini, ditengah kesibukan yang membuat diri ini penat, seorang kawan meninggalkan jejak di bawah tulisan tersebut, sebut sajalah namanya Tio Alexander, dia memperkenalkan diri dengan kalimat berikut:

Saya adalah peminat sejarah peradaban tinggi di masa lampau yang bersumber dari Al-Qur’an. Saat saya sedang meneliti tentang Dzulqarnain dan Ya’juj & Ma’juj yang ternyata adalah Ya’juj (Bangsa China) & Ma’juj (Bangsa Mongol & Trans Siberian) yang saat itu sedang berperang, muncul hubungan antara bangsa Yunan yang saat itu menjadi salah satu korban perang mereka.

Bangsa Yunan yang terdesak kemudian menyebar ke arah selatan yaitu Asia Tenggara. Beberapa mendiami Indocina (Vietnam, Thai, Cambodia, dll) dan yang lainnya menyebar ke Nusantara. Ternyata saat saya mencari tahu tentang proses penyebaran mereka, terdapatlah informasi tentang Bangsa Antu, yaitu bangsa yang pertama kali mendiami Nusantara. Perawakan mereka yaitu tubuh yang relatif pendek dan kulit yang berwana kuning. Saat ini bangsa antu sudah punah karena terdesak oleh bangsa Yunan yang bermigrasi ke Nusantara..

Diperkirakan bangsa antu terakhir mendiami kepulauan Sunda Kecil (Sumba Sumbawa) dan berasimilasi dengan bangsa Yunan, hasilnya adalah SUKU SASAK yang ada sekarang ini. karena itu nggak heran kalau bahasa sasak mirip sekali dengan bahasa Vietnam dan Tagalog, karena itulah bahasa-bahasa yang terdekat dengan bahasa Yunan. Dzulqarnain datang ke China kira-kira pada tahun 1300 SM. Penyebaran bangsa Nusantara diperkirakan beberapa abad sebelumnya karena perang Ya’juj Ma’juj berlangsung selama ratusan tahun. Saya minta tolong sekali kepada teman2 dari sasak untuk membantu mencari informasi tentang Bangsa Antu karena informasi yang minim sekali tentang mereka. Terima Kasih banyak. Wassalam. Tio Alexander.

Perkenalan yang membuat saya sempat tertegun, inilah saatnya saya diberikan oleh Allah, teman seperjuangan yang akan menemani saya menelusuri lebih jauh asal usul bangsa saya.

Dari data yang dia sodorkan, sampai saat ini saya kesulitan untuk menjejak Bangsa Untu. Saya hanya bisa menelusuri sedikit informasi tentang Yunnan. Informasi mengenai Yunnan yang saya peroleh dari answer.com, sebagai berikut:

Yunan (Yunnan) tidak meeujuk kepada sebuah bangsa atau etnik, ia adalah sebuta dari sebuah daerah diselatan cina.

云 yún – cloud
南 nán – south
“South of the Cloud Mountains”

Yunnan adalah nama daerah di selatan cina, berbatasan langsung dengan vietnam. Yunnan didiami oleh etnik;

Han – 67%
Yi – 11%
Bai – 3.6%
Hani – 3.4%
Zhuang – 2.7%
Dai – 2.7%
Miao – 2.5%
Hui – 1.5%

Yang menarik bagi saya adalah gambar penari yunnan berikut.

Bagi anda Bangse Sasak, atau yang pernah tinggal lama di Pulau Lombok, akan merasakan sangat banyak kesamaan “identitas” penari tersebut, baik pakaian, cara memegang kipas dan rumah yang menjadi latarnya dengan apa yang dimiliki Bangse Sasak. Perlu lebih banyak waktu dan energi untuk bisa menelusisrinya lebih jauh.

persiapan revisi besar besaran,

Lalu Muhamad Jaelani

27 thoughts on “Terkejut, Bangse Sasak = Bangse Yunnan + Bangse Antu

  1. ada kemungkinan ga miq kalau suku sasak itu percampuran antara yunan, antu, aztec, indian, dan suku-suku lain yan ada di seluruh belahan dunia ini ? (jangan terlalu dipikirkan jawabannya miq….)

  2. hm.. semeton sasak ..Eri T, Fatan A, Miq Junep, JUan, dst ..
    siapa lagi yah ?! hm…. hm… 🙂

  3. ya, asaya setuju dengan apa yang di tulis oleh sdr jailani, tapi akan membingungkan apabila suku sasak ini terus di telusuri, hingga jaman batu pun tidak akan selesai, menurut saya akan selesai pada zaman nabi adam, itu manusianya, itu terlepas dari pendapat para ahli tentang teory terbentuknya manuasia.
    tapi kalau menurut saya tentukan batas penelusuran berdasarkan tahun atau zaman bahkan garis keturunan, menurut saya kalau di telusuri menurut garis keturunan, harus menentukan anutan sistimnya yaitu paternal or maternal, saya tidak jauh2 mengambil contoh saya menikah dengan wanita jepang, yang mungkin merupakan perpaduan dari Han,Yi,Bai,Hani,Zhuang,Miao,Hui dan menjadi ainu, tapi kalau di lihat dari hasil penelusuran anda, saya senang bisa membacanya dan berharap anda menemukan asal asli suku sasak sejak dinyatakan namanya sebagai “suku sasak”

  4. wahhhhh temuannya bikin penasaran turunan sasak yang g pernah tinggal di lombok nehh… telusuri trus

  5. tiang asli orang sasalk tapi skarang tiang gak bisa menikmati keindahan lombok,tlg mamiq begaan tampilan foto keseniante geh?

  6. COBA LIHAT REFRENSI DARI SEJARAH DAERAH NTB terbitan proyek penelitian dan pencatatan kebudayaan daerah departemen pendidikan dan kebudayaan 1977/1978,, yang saya tangkap dari berbagai sumber tulisan dan lisan ( lontar dan babad ) dapat kita ketahui berbagai nama untuk pulau lombok, nama lombokini dapat kita ketahui dalam negara kertagama ( decawanana ). dalam lontar itu lombok mirah untuk LOMBOK BARAT dan SASAK ADI untuk lombok timur. dari sumber lisan pulau ini bernama pulau sasak, oleh karena pulau ini di zaman dulu di tumbuhi hutan belantara yang sangat rapat. merupakan dinding. dari kata seksek ini lah timbul nama sasak untuk pulau ini. Dr CH goris menguraikan arti kata sasask secara estimologis : sasak adalah kata sansekerta, yang berasal dari kata SAK = pergi, SAKA = ASAL , jadi orang sasak adalah orang yang pergi dari negeri asal dengan menggunakan rakit sebagai kendaraan, Pegi dari JAWA dan mengumpul di LOMBOK. pendapat para goris ini dapat di buktikan dengan silsilah para bangsawan, hasil sastera tertulis yang di ubah dalam bahasa jawa madia dan berhuru jejawan ( huruf sasak )_. . Baca sejarah Daerah NTB

  7. jd bingung pas di youtube jg beda ya miq,, jd yang bnr mn ya?? ada yang bilaq orang asal sasak para prajurit patih gajah mada yang sudah bosan perang dan mendiami lombok barat khusunya dan lombok timur dari orang” makasar yang mendirikan selaparang, sehingga terasa pengaruh islam di lotim berbeda dengan lobar dan loteng yang lebih agak kejawen.. hal ini dapat di telusuri dengan nama” tempat di lobar yang mirip dengan nama di pulau jawa seperti Kediri, tegal dsb…. dan segi” bahasa jg

  8. * Bagaimana Miq M.Jaelani,… sdh adakah lagi perkembangan baru, hasil penelusuran ?

  9. Wah lamun marak meriak jek bingung kaku masih, sengak nden man pas kance perasaan kaku. Sak jeneng arak-arak pas sekedik jek ceriten Tio Alexander. Laguk lamuk mekir-mekir harusn arak pembuktian …. he he he …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: