Menelusuri Asal Usul Suku Sasak

Komunitas Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat merupakan Suku terbesar di Propinsi yang berada di antara Bali dan Nusa Tenggara Timur ini. Menurut catatan sensus yang diadakan tahun 1989, populasi suku sasak mencapai 2,1 juta jiwa. Pada Sensus berikutnya, tepatnya tahun 2000 populasinya bertambah menjadi 2,6 juta jiwa. Tahun ini diperkirakan populasi Suku Sasak yang tinggal di Lombok sekitar 3 juta jiwa, jumlah itu belum termasuk “sasak diaspora” alias sasak rantau yang menetap di Pulau Sumbawa bagian Barat, di Kalimantan Timur (akibat proyek transmigrasi), di Malaysia (TKI) dan di beberapa Kota besar di Indonesia (yang umumnya karena faktor pekerjaan dan status sebagai Mahasiswa). Di Samping itu dalam jumlah kecil, Suku Sasak tersebar di beberapa Negara di dunia ini. Melihat hal ini Populasi Komunitas Suku Sasak bisa dikatakan cukup besar dan layak disandingkan dengan etnis lain di Indonesia.

Tapi Tahukah Semeton dari mana asal usul Suku sasak ? , ” Siapa Papuk Baloq orang sasak?”. Saya yakin seyakin yakinnya, sangat teramat sedikit dari kita yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Satu Minggu yang lalu, Komunitas Sasak yang tergabung dalam milis Komunitas Sasak mengadakan diskusi kecil tentang hal ini, jauh memang kalau dikatakan sebagai diskusi yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan, tapi paling tidak banyak diantara kita yang memiliki informasi yang berbeda beda tentang asal usul Papuk Baloq Sasak.

Dari penelusuran kecil kecilan, terungkap bahwa Suku Sasak berasal dari Vietname, bersumber dari miripnya Bahasa / Base Sasak dengan Bahasa di vietnam. Ada juga semeton sasak yang sekarang ini bekerja di sektor Pariwisata di Lombok yang sempat bertemu dengan turis dari Philipine, yang bikin semeton kita ini terkejut, ada banyak kesamaan antara bahasa sasak dengan bahasa si turis, ya Bahasa Tagalog, apakah ini artinya Papuk Baloq kita dari philipine?. Ada banyak teori yang biasa dipakai oleh para ahli untuk menelusuri asal usul suatu etnis, salah satunya adalah dari bahasa yang mereka pergunakan, fisik mereka dan sejarah para tetuanya. Mari kita coba telusuri satu persatu.

BAHASA
Bahasa Sasak, terutama aksara (bahasa tertulis) nya sangat dekat dengan aksara Jawa dan Bali, sama sama menggunakan aksara Ha Na Ca Ra Ka …dst. Tapi secara pelafalan cukup dekat dengan Bali.

Menurut ethnologue yang mengumpulkan semua bahasa di dunia, Bahasa Sasak merupakan keluarga (Languages Family) dari Austronesian Malayo-Polynesian (MP), Nuclear MP,Sunda-Sulawesi dan Bali-Sasak.

Sementara kalau kita perhatikan secara langsung, bahasa Sasak yang berkembang di Lombok ternyata sangat beragam, baik dialek (cara pengucapan) maupun kosa katanya. Ini sangat unik dan bisa menunjukkan banyaknya pengaruh dalam perkembangannya. Saat Pemerintah Kabupaten Lombok Timur ingin membuat Kamus Sasak saja, mereka kewalahan dengan beragamnya bahasa sasak yang ada di lombok timur, Walaupun secara umum bisa diklasifikasikan ke dalam: Kuto-Kute (Lombok Bagian Utara), Ngeto-Ngete (Lombok Bagian Tenggara), Meno-Mene (Lombok Bagian Tengah), Ngeno-Ngene (Lombok Bagian Tengah), Mriak-Mriku (Lombok Bagian Selatan)

Dari Aspek Bahasa, Papuk Bloq kita bisa jadi berasal dari Jawa (Malayo-Polynesian), Vitname atau Philipine ( Austronesian), atau dari Sulawesi (Sunda-Sulawesi)

SEJARAH
Sebelum Abad ke 16 Lombok berada dalam kekuasan Majapahit, dengan dikirimkannya Maha Patih Gajah Mada ke Lombok. Malah ada kabar kalau beliau wafat di Pulau Lombok dan dimakamkan di Lombok Timur. Pada Akhir abad ke 16 sampai awal abad ke 17, lombok banyak dipengaruhi oleh Jawa Islam melalui dakwah yang dilakukan oleh Sunan Giri, juga dipengaruhi oleh Makassar. Hal ini yang menyebabkan perubahan Agama Suku Sasak, yang sebelumnya Hindu menjadi Islam.

Pada awal abad ke 18 Lombok ditaklukkan oleh kerajaan Gel Gel Bali. Peninggalan Bali yang sangat mudah dilihat adalah banyaknya komunitas Hindu Bali yang mendiami daerah Mataram dan Lombok Barat, Beberapa Pura besar juga gampang di temukan di kedua daerah ini. Lombok berhasil Bebas dari pengaruh Gel Gel setelah terjadinya pengusiran yang dilakukan Kerajaan Selapang (Lombok timur) dengan dibantu oleh kerajaan yang ada di Sumbawa (pengaruh Makassar). Beberapa prajurit Sumbawa kabarnya banyak yang akhirnya menetap di Lombok Timur, terbukti dengan adanya beberapa desa di Tepi Timur Laut Lombok Timur yang penduduknya mayoritas berbicara menggunakan bahasa Samawa.

Kalau kita lihat dari aspek sejarah, orang Sasak bisa jadi berasal Jawa, Bali, Makassar dan Sumbawa. Tapi bisa juga ke empat etnis tersebut bukan Papuk Bloq orang sasak, melainkan hanya memberi pengaruh besar pada perkembangan Suku Sasak

Ciri FISIK
Sementara kalau diperhatikan secara fisik Suku Sasak ini lebih mirip orang Bali dibandingkan orang Sumbawa. Dari Aspek ini bisa jadi orang Sasak berasal dari orang Bali, nah sekarang tinggal di cari :orang Bali berasal dari mana?

Bukti Otentik

Beberapa minggu yang lalu, salah seorang yang membaca tulisan ini mengirimkan ke saya sebuah bukti otentik asal usul suku sasak yang disimpan keluarganya di Lombok Tengah. Bukti tersebut berupa silsilah keluarga yang berujung pada sebuah nama: Datu Pangeran Djajing Sorga (dari Majapahit, Kabangan, Jawa Timur). Dari Bukti otentik tersebut, jelaslah terlihat bahwa Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok, sebenarnya berasal dari Jawa.

Harapan
Semoga Dewan Adat Sasak segera menerbitakan Buku Sejarah Sasak dan merampungkan Kamus Bahasa Sasak.


* Tulisan yang sama dimuat juga di Situs Komunitas Sasak

128 Replies to “Menelusuri Asal Usul Suku Sasak”

  1. Tiang tunas maa’f, tiang setuju kemungkinan besar papuq baloq suku sasaq elek Indochina.
    Secara geografis Indochina satu daratan dengan Arab….terus lamun te-urut-urut silsilah ujung-ujung penutukn nabi Adam as.

    Tampi asih….
    Praye aseli….
    Nanang.nukabe@gmail.com

  2. Apa di lombok ga ada prasasti-prasasti peninggalan masa lalu?? Semisal prasasti Blanjong di daerah Sanur, Bali.
    Dari sana kita bisa menarik kesimpulan tentang silsilah raja2 dan keturunan2 wangsa ato bangsa.
    Masyarakat Bali sendiri diperkirakan berasal dari trah kerajaan Majapahit yang merupakan pelarian dari Jawa setelah terdesak Islam. Masyarakat bali asli itu di sebut Bali Aga.

  3. terus sai jari papuk balok te ??? yunan, bali, majapahit, makasar, dst. bingung tiang ne. tapi mungkin semuanya benar. soalnya jawa dan bali pernah menjadi 1 pulau tidak menutup kemungkinan pulau lombok adalah bagian-nya, saya kira nenek moyang kita dari arah barat, karena kalau dilihat dari sisi bahasa lebih mirip, dan penamaan setiap tempat (daerah) hampir sama dengan nama daerah di jawa dan bali.
    sekian daringku eja hamba Allah.

  4. Assalamualaikum.
    Penelusuran ttg penduduk asli pulau lombok memang masih mistri karena buktit2 otentiknya banyak hilang, musnah dan pindah tangan. Hal ini disebabkan banyak faktor : musnah karn meletusnya g. Rinjani, g. Tambora yg dahsyat, hilang krn diperjualbnelikan, pindah tangan dan pengaburan krn unsur politis dr rezim pengusa baik yg dr luar maupun yg dr dlm skalipun. Dari masa kuliah dulu sy sring dinasehatkan plingsir2 pabila mau mengangkat sejarah sasak, ada bagian2 yg jgn smpe di publikasikan krn akan menimbulkan konflik. Jd mari qta gali lg budaya sasak tanpa menyinggung luka2 lama. Sebulan trahir ini sy napak tilas di lombok tengah selatan utk tujuan itu dan insyaallah berlanjut dikmudian hari. Catatan bg smeton jari snamean, sasak tdk cukup disimpulkan mlalui tulisan, babat pa lg tulisan bule, krn smua itu sarat muatan politis…. Terjun langsung kelapangan…. Wassalam.

  5. Assalamualaikum,,Sboqpetayan…letih Tyang mencari teman teman sebangsa…apalagi dgn pengetahuan Tyang yang sangat kurang ini,,saya akui saya br saja memasuki pencarian sasak di dunia internet,awalnya saya menjumpai sasak.org ketika kursus basic di malaysia mengisi waktu lapang cuti kerja,saya terkejut melihat sasak.org seperti ketika saya bermain sboqpetayan rasanya,teringat tentang kisah kecil ketika saya ditemui kawan ketika ngumpet dgn sangat terkejut,seperti itu rasanya ketika melihat sasak.org nah jika kita sama sama kaji permainan sboqpetayan dgn lagunya LE LLOJEE ,juga lagu Rong rong sE,Sepertinya kita diminta mencari satu sama lainnya,,,pengalaman sy juga ketika di warnet sering terkejut dgn bahasa vietnam,jika mereka berbual saya pasti menoleh kearah mereka,lalu Muhamad jaelani teruskan pencarian dan saya yakin kita akan bertemu juga akhirnya InsyaALLAH.

  6. numpang komentar aja, kebetulan tiang juga orang sasak….sangat mengapresiasi sekali forum2 seperti ini, terutama menjelaskan asal usul orang sasak itu darimana, dan siapa orang sasak itu sebenarnya?apakah orang sasak itu adalah orang yang memang berasal dari lombok asli dari jaman purbakala ato orang sasak itu adalah campuran dari beberapa budaya(jawa,makassar,china,vietnam,ato philipina), ato lebih dikenal sebagai akulturasi (campuran dua budaya ato lebih)..karena pernah tiang diceritakan oleh paman tiang sendiri, tapi belum sempat saya lihat ato membaca bukti otentik tersebut, dalam silsilah keluarga saya terutama dari niniq yang dari ibu, bahwa silsilah keluarga niniq saya itu dari turun temurun ditulis dengan bahasa kawi pada sebuah daun lontar kalo tiang gak salah..disana tertulis bahwa embi tokernya berasal dari barat(ditulis dari barat dengan bahasa kawi) baru ditulis embi toker sebelum2nya dengan nama raden A, raden B dst, sampai beberapa keturunan yang terus ditulis (diupdate) dan disimpan, sampai ada nama dari niniq saya dari embi toker sebelumnya..nah saya coba untuk menelaah asal usul kerajaan yang pernah berkuasa dilombok, kemungkinan besar salah satu nenek moyang orang sasak itu dari jawa, disamping dari berbagai daerah seperti makassar dan lainya yang pernah melakukan expansi kekuasaan ke lombok pada zaman kerajaan2 sebelumnya.
    mohon maaf kalo ada kata2 yang kurang berkenan.
    terima kasih

  7. Susahnya memang menjejak asal usul kita,tapi cobalah membaca dan merenungi tulisan dan gambaran saya,mungkin bisa membantu,,! Karna tulisan ini bersyumber dari catatan sejarah asal usul semua suku bangsa di dunia,semoga bermanfaat bg kita..!

  8. mun bau jaq toloq kance refrensi(tiang nykeq penelitian masih niki)
    for sasak for glory

  9. tiang sangat salut dengan forum sak maraq driki, semga ketemu dari mana asal usul suku kita yang sebenarnya….tiang masih bingun endah ni…

  10. lamun si` tiang gitaq niki, ara` salah satu kabupaten terpencil le` aceh. kabupaten aceh tengah dit gayo lues. mulai lengan kebiasaanne, logatne, adabne, perawakanne, hampir2 luek bahasa si` mirip kanca dengan sasak, lagu` suku ine mnrut sejarahne yakni keturunan dengan batak ke 27.

  11. mas… kalo ‘banjar’ di suku sasak tu gmn??
    mohon ceritain dikit ya tentang tu… heheheee.. saya mw tau..

  12. keturunan saya dari lombok….saya sudah generasi ke empat di Malaysia. dikhabarkan moyang saya namanya Lalu Abdul rahman.mendarat di Johor,pantai barat Malaya. diceritakan juga tempat asalnya Ampenan. Adakah Ampenan ini di Lombok timur atau barat? adakah keturunan ‘lalu’ pun keturunan Sasak?

  13. Salam kenal Bapak Hj Hasnan Ilias. Alhamdulillah kita bersua di sini. Betul sekali, AMPENAN berada di bagian barat lombok, saat ini masuk wilayah administratif KOTA MATARAM. Dulu, ampenan adalah pelabuhan utama di Lombok.

    LALU sangat identik dengan SASAK walau tidak semua orang sasak punya “LALU”

  14. Assalamu’alaikum all..tiang Eryc lengan Jerowaru..Sedining tiang baca sekabeh tulisan niki..tiang mahfum sopoq hal,wangse Jawa, Bugis kanca Bali niki sopoq tundun. Kebetulan araq babat siq masih tesimpen siq papuq baloq tiang siq insya Allah masih OTENTIK. Lebih leq sopoq, laguq ye pada doang isina. Tiang matur, ( mudah2an jati ) papuq baloqte campuran Persia Yunnan.

  15. semeton jari etnis sasak dimanapun kini berpijak, jangan se kali kali lupa atau pura pura lupa bahasa papuk balok kita orang sasak, banggalah kita berasal dari tanah lombok,seperi tiyang niki semeton,

  16. assalamualaikum miq….
    tiang anak sasak klahiran tahun 80an, jadi pengetahuan tentang sasak yang merupakan suku nenek moyang saya sangat kurang saya ketahui. namun bagi saya informasi tentang suku sasak sangatlah penting karena saya adalh salah satu penggeliat pariwisata di tanah kelahiran saya tercinta ini.
    informasi2 yang kebanyakan generasi sasak sekarang sudah tidak tahu akar mula sukunya sendiri. dan maaf, banyak yang saya temui anak2 dari golongan ningrat sasak sendiri yang seharusnya mengembangkan sasak itu sendiri banyak yang tidak lancar berbahsa sasak.
    bagaimana tanggapan mamiq tentang hal tersebut?
    mohon jawabannya.
    wassalam

  17. lombok timur, lombok tengah, lombok barat dan lombok utara….. jangan lupa ada kota mataram.
    mencari sejarah sasak mungkin adalah suatu hal yang sulit, bayangkan saja ada 5 daerah kabupaten dan kota yang harus dijelajahi. itupun jika habis dan tidak ada aral melintang. di zaman sekarang ini, banyak diantara kita yang secara sengaja atau tidak membuat atau merubah sejarah. banyak yang menyebut dirinya tahu dan mengerti akan sejarah, dan tidak jarang yang mengaku bahwa dirinya, kelompoknya dan bangsanya adalah salah satu dari keturunan ini dan itu.. sudahlah,,, kita jangan terlalu mempermasalhkan ini lebih jauh. Menapak tilas sejarah itu memang adalah suatu hal yang penting, tapi jangan sampai hal itu nantinya akan membuat suatu masalah menjadi tambah genting…

  18. SEMETON JARI bisa minta g silsilah kleuraga di lombok soalnya sulit baget mencarinya

  19. asslmkm… salam kenal smotn jell… makash skali atas info tentang sasak…. kbtln q sdg mngkji ttng dialektologi bhs sasak…. mohon infokan refrensi yg terkait dengan tema tsb….

  20. org asli lombok dari trah keturunan makasar itulah yg disebut suku sasak
    org asli lombok dari trah keturunan jawa majapahit (suku jawa)
    org asli lombok dari trah keturunan bali karang asem (suku bali).
    sekarang side pade bisa melihat silsilah keturunan dari keluarga masing2.
    salam kenal IVAN NALI KARANG GENTENG

  21. tiang komentar sekedik, sebenarnya Lalu nu gelar kebangsawanan yang diadopsi lekan suku bugis, seperti La ode, trus menyebar jok bima-sumbawa, kemudian dimodivikasi suku sasak menjadi Lalu dan Lala/Lale, jarin araq 5 hirarki kemenakan suku sasak: menak onang kune, menak ketriman, menak kapahica, menak nyodok, dan menak bebelian. salam Muhammad Harfin Zuhdi, kaank sasak leq matarm, penulis buku parokialitas adat suku sasak, bias gender terhadap perempuan bangsawan sasak dalam tradisi merariq dan lombok mirah sasak adi

  22. salam kenal semeton sasak..tiang faisal, asal lengan desa kerumut pringgabaya…tiang sneg bgt baca artikel niki…sengaq tiang tertarik dengan sejarah/asal-usul suku sasak……..

  23. saya sangat yakin akan keistimewaan pulau lombok,,oleh kareana itu butuh orang2 yang hebat untuk memecahkan semua rahasia tsb,,tantangan ni buat yang merasa wali-wali th,,jangan cuma bisa ngomong doank,,buktikan ke_wali_anmu

  24. Assalamu’alaikum wr wb
    Ampure,tiang milu sekedik komentar. Di tengah kesimpang siuran asal usul suku Sasak,tiang bisa ambil 1 kesimpulan (mudah-mudahan tidak keliru,ampure) bahwa suku Sasak niki sangat beragam asal muasalnya dan bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian. Ada yang bernenek moyang dari :
    1. Jawa
    2. Bali
    3. Makassar
    dll
    Tapi tiang lebih cenderung melihat bahwa asal usul suku Sasak niki berasal dari perpaduan Jawa dan Bali. Kenapa tiang katakan demikian,sebab dari aspek bahasa , logat , suku kata , lebih mencerminkan kepada kedua suku diatas. Beberapa kosa kata banyak sekali yang sama dengan Jawa seperti PAWON (dapur) , KELAMBI (pakaian) , MATUR (mengucap) , SAMPUN (sudah) dll. Hal tsb juga tidak jauh berbeda dengan kosa kata dari Bali.
    Ampure,menurut para tetua di keluarga besar tiang di Puyung,asal muasal keluarga kami berasal dari Karangasem Bali dan sampai sekarang makamnya masih ada disana. Silsilah keluarga kami juga masih tersimpan dengan baik sampai saat ini.
    FYI : mungkin kita bisa bertanya lebih lanjut tentang asal muasal ini kepada tokoh-tokoh adat dan sejarah Sasak Lombok. Salah satunya adalah Datu Artadi yang saat ini berdomisili di Karang Raden Tanjung Lombok Utara. Jika berkenan,tiang bisa antar plungguh ke kediaman beliau. Beliau banyak mengerti dan mengetahui sejarah Sasak.
    Salam
    Lalu Wahyudi Zakaria
    Puyung Jonggat Lombok Tengah

  25. assalamualaikum,salam kenal lekan tiang,kanaq pringgebaya saq tepu leq rantoan bime,smg dengan sasak mbe2 taoq ne tetep bersatu.aminnnnn

  26. Ass…semeton jari tiang selapuk hak masih merasa sesepuh suku sasak atu dg sasak tiang mintak dg kerendahan hati tolong di pertahankan julukan pulau seribu satu masjid,dendek sampe teganti aran hak dek dek…dan tiang endek tulung jok semeton jari selapuk jaga pulau ini menjadi pulau muslim pulau hak selau tebek keselamatan kesejatran si nenek kuase amin..I LOVE YOU LOMBOK… ARDY SASAK

  27. amin sasak,,,,,,dikaltim ,,,,,maaf nambah dikitlah,,,,
    Salah satu lagi yang menjadai referensi kita yaitu, budaya cara kita besarung dan kalo mau naik pohon, atau melakukan sesuatu, budaya sasak selatan selalu sarungnya di naikkan sampai paha atau disatukan kemudiaan diselipkan ujungnya dibelakang atau sering disebut ‘bekancut’ maaf itu bahasa dikampung kami….nah kalo kita lihat tradisi orang ditailand kalo mau melakukan sesuatu sama seperti dikampung kami diselatan….kalo sekedar dikaitkan dengan bahasa sasak memiliki kemiripan bahasa dengan banyak suku-suku di indonesia khususnya yang melayu,,,,,semoga semeton jari sak arak lek lombok sejahtere n kuhusunya para buday kita mendapat referensi yang banyak tentang asal-usul kita…amin……

  28. Assalamu’alaikum,,,,,batur2 selapuan tyang sangat salut le side2 selapuan “maaf dialek kediri” sak masih peduli lek asal usul papuq baloq ite selapuan,,,,tyang bae sak meranto wah 22 tahun le betawi ni,,,merase penok gati bahase ite sak pade kance dengan betawi, sunda, makasar maklum lek te penok batur2 dengan daerah,,,,,salut buat side2 selapuan,,,,,gali terus infonya aden ite pade ketaok sejarah papuq baloq ite selapuan….tanpi asih wassalam

  29. semeton selapuq…lamun pade mele taok asal usul suku sasak cba side selapuq lalo tape jok gunung pengsong,sengak lek atas gunung pengsong arak makam sak 0,01% dengan lombok sak taok

  30. asal usul suku sasak tesimpen lek gunung pengsong,lamun semeton jari ndek uwah taek jok gunung pengsong,apepun komentar ndek narak sak kenak.

    salam WAWAN leman papua

  31. di atas gunung pengsong bukan hanya ada pure dait baren godek doang lek derike,,,,,sai taok tebeketuan lamun te ojok ten,,,,,dendek menu ntan meton sak paran dengan ndek kenak,,,,pis ton aoook hehheeeeeee

  32. selama saya di malaysia dan brunei bahasa melayu jelas sekali banyak persamaan ke bahasa sasak,bahkan di brunei sendiri ada daerah lambak yang artinya lurus begitupun di lombok dan banyaaaaaaaak lagi bahasa yg sama seperti lawang (pintu) dll,menurut dari yang saya pelajari suku sasak ini berasal dari suku bali jawa dan suku sakai di sumatera,yaitu suku sangyang dan sakai sehingga digabung menjadi suku SASAK dimana bahasa bali dan melayu ada didalamnya,sebagian besar orang melayu meliputi malaysia,sumatera,brunei,thailand dan vietnam,cuman hal ini diperkeruh oleh bangsa belanda yang membuat paradigma mengadu domba sehingga banyak dari kita yang berbeda pendapat ditambah masuknya perkembangan islam yang sangat cepat melalui timur pulau lombok,tapi ini menurut saya lho,karena slama saya tugas di asia tenggara hal ini sering jumpai terutama bahasa..selama bukan indonesia timur (papua,ambon dll) indonesia tengah ke barat lebih ke suku melayu dan jawa..

  33. mnurut analsa sy lombok ini tmpat perpaduan berbagai hegemoni budaya besar..dimulai dari pra hindu budha sblum abad 7 (suku sasak sama spt org dayak di borneo),,lalu mnerima pengaruh budha smpai abad 10 (mninggalkan jejak orang bodha di lomb utara)..Abad 10-15 Pengaruh Hindu Majapahit dgn bahasa kawi, digubah oleh pujangga sasak mjd AKSARA JEJAWEN (Pada periode ini, suku2 di nusantara berada dalam hegemoni hindu majapahit trmasuk suku2 di sulawesi smpai maluku),,dalam lontarak BUGIS yg bernama LA GALIGO,,bahwa nenek moyang Mereka adl BATARA GURU (Pengaruh Majapahit.
    Setelah Majaphit runtuh abad 15,,Islam Masuk yg menggeser Peradaban Hindu di Lombok,Sumbawa,Bima..Terlebih Raja Selaparang Masuk islam oleh sunan prapen lalu berada dibawah Hegemoni KERAJAAN GOWA..
    SAYANGNYA..Pejajnjian BONGAYA 1681 antara GOWA-BELANDA..berakibat lepasnya Pulau lombok dari Pengaruh GOWA MAKASAR..WALHASIL sekutu untuk PERTAHANAN hilang ditambah PENGHIANATAN ARYA BANJAR GETAS dgn KRG ASEM,,BERAKIBAT PENGARUH BALI MASUK Melaui barat lombok sejak th 1741-1894.
    JADI JANGAN HERAN KULTUR SASAK BANYAk CAMPURANNYA, TRADISINYA, BAHKAN BAHASANYA
    PULAU INI ADALAH PULAU BERBAGAI PENGARUH.
    Wassaam

  34. Slm perkenalan,saya orang batu yang pringga baya.numpang komen sekedik,terusang perjuanganda mamiq,tiyang salut lek sida sengakna tiyang minat endah naok asal usulta
    kanso gamak rumìtna,tlng kalo ada perkembangan,segera kasi kabar.sukses selalu.

  35. Assalam dan mohon maaf,
    Sangat banyak tulisan,kutipan,komentar tentang asal usul suku sasaq,menurut saya yang bodoh,mencari asal muasal orang sasaq sama artinya menanyakan siapa yang pertama menduduki pulau sasaq lombok,masalah bahasa yang sama atau mirip tidak menjadi patokan karena bahasa orang sasaq bukan satu macam,atau sebaliknya negara2 lain yangmengklaim asal suku sasaqbisa juga mereka dari sasaq.kenapa demikian karena mereka tidak mau pusing seperti orang sasaq yang mencari ,siapa orang pertama yang mendiami bumi sasaq. Maaf saja : kalau bisa mari kita kerjakan apa yang lebih bermampaat bagi daerah ini,untuk kemaslahatan rakyat sasaq,karna bangsa sasaq butuh kesejahteraan bukan tulisa,cukuplah kita simpan pertahankan apa yang leluhur kita tinggalkan,,,,,karna mempertahankan adat istiadat (tradisi leluhur sangatlah sulit ) masih banyak yang harus dikerjakan untuk kesejahteraan bangsa sasaq,,,,sekian.

  36. ampure sanak …..jd yg pertama kita tahu bahasa yg dari bayi sampai dewasa adalah nama “inak dan amak” jd persamaan bahasa dari suku yg ada di indonesia itu asalnya muasalnya dan dilihat dr suku yg lebih besar dr suku sasak yg sesuai sama” inak dan amak”. itulah tempat kita melakukan penelitian karna kalau kita bertanya sama orang tua atau kakek nenek kita mereka kurang peduli dilihat dari nama-nama kita yang tidak mengenal pam atau marga cuma di tekan mengenai kasta sekian wassallam.tlng di pahami.

  37. perkenalkan : nama saya jambong, dari sekarbela, kota mataram, saya dapat cerita dari paman dari ibu saya, konon dulu di masa yang tidak jelas bulan dan tahunnya, merantao seorang betawi di pulau lombok, dari turun temurun lahirlah keluarga besar yang tersebar di beberapa desa, kalo saya simak dari cerita paman saya, jelas saya keturunan dari betawi, akan tetapi lagi cerita dari bapak saya, yang katanya keturunan dari arab, saya membernarkan kedua cerita tadi karena, karena bahasa keseharian saya banyak kesamaan dengan bahasa betawi dan kalo lihat wajah dan fostur tubuh dari keluarga bapak saya mirip orang arab.
    Terlepas dari semua cerita atau pendapat dari semua ulasan semeton senamian (saya sudah baca sampai tuntas), hampir semua pendapat menelusuri asal usul orang sasak dari sisi budaya dan sejarah yang di tulis oleh orang orang yang menang pada saat itu, kita pasti bingunglah, usul saya mari kita mulai mencari asal usul kita dengan mempelajari awal mulanya terbentuknya bumi ini, dari topograpi bentukan bumi kita cari tahu di indonesia ini daerah yang paling awali di tempat oleh manusia atau coba perhatikan dalam satu daerah manusia mana yang terpadat pada saat itu, barulah kita hubungkan dengan sejarah, mulai dari perebutan wilayah sehingga terjadi peperangan dan penjajahan untuk menguasai wilayah.
    Semua pendapat DI ATAS saya pikir benar semua, karena di pulau lombok ini segala etnis ada, Lombok itu uniq, saya sendiri sering berkelakar sama kawan2 dan iseng memberikan jawaban ketika saya di tanya, ASLI ORANG LOMBOK DARI MANA SIH??? selalu saya jawab BELUM JELAS, lalu saya katakan dengan kesimpulan sendiri bahwa smua orang SASAK di Pulau Lombok adalah “PERANTAU”. Mudahan dapat dipahami apa yang saya maksudkan. terima kasih semeton enggeh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.