Menelusuri Asal Usul Suku Sasak

Komunitas Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat merupakan Suku terbesar di Propinsi yang berada di antara Bali dan Nusa Tenggara Timur ini. Menurut catatan sensus yang diadakan tahun 1989, populasi suku sasak mencapai 2,1 juta jiwa. Pada Sensus berikutnya, tepatnya tahun 2000 populasinya bertambah menjadi 2,6 juta jiwa. Tahun ini diperkirakan populasi Suku Sasak yang tinggal di Lombok sekitar 3 juta jiwa, jumlah itu belum termasuk “sasak diaspora” alias sasak rantau yang menetap di Pulau Sumbawa bagian Barat, di Kalimantan Timur (akibat proyek transmigrasi), di Malaysia (TKI) dan di beberapa Kota besar di Indonesia (yang umumnya karena faktor pekerjaan dan status sebagai Mahasiswa). Di Samping itu dalam jumlah kecil, Suku Sasak tersebar di beberapa Negara di dunia ini. Melihat hal ini Populasi Komunitas Suku Sasak bisa dikatakan cukup besar dan layak disandingkan dengan etnis lain di Indonesia.

Tapi Tahukah Semeton dari mana asal usul Suku sasak ? , ” Siapa Papuk Baloq orang sasak?”. Saya yakin seyakin yakinnya, sangat teramat sedikit dari kita yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Satu Minggu yang lalu, Komunitas Sasak yang tergabung dalam milis Komunitas Sasak mengadakan diskusi kecil tentang hal ini, jauh memang kalau dikatakan sebagai diskusi yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan, tapi paling tidak banyak diantara kita yang memiliki informasi yang berbeda beda tentang asal usul Papuk Baloq Sasak.

Dari penelusuran kecil kecilan, terungkap bahwa Suku Sasak berasal dari Vietname, bersumber dari miripnya Bahasa / Base Sasak dengan Bahasa di vietnam. Ada juga semeton sasak yang sekarang ini bekerja di sektor Pariwisata di Lombok yang sempat bertemu dengan turis dari Philipine, yang bikin semeton kita ini terkejut, ada banyak kesamaan antara bahasa sasak dengan bahasa si turis, ya Bahasa Tagalog, apakah ini artinya Papuk Baloq kita dari philipine?. Ada banyak teori yang biasa dipakai oleh para ahli untuk menelusuri asal usul suatu etnis, salah satunya adalah dari bahasa yang mereka pergunakan, fisik mereka dan sejarah para tetuanya. Mari kita coba telusuri satu persatu.

BAHASA
Bahasa Sasak, terutama aksara (bahasa tertulis) nya sangat dekat dengan aksara Jawa dan Bali, sama sama menggunakan aksara Ha Na Ca Ra Ka …dst. Tapi secara pelafalan cukup dekat dengan Bali.

Menurut ethnologue yang mengumpulkan semua bahasa di dunia, Bahasa Sasak merupakan keluarga (Languages Family) dari Austronesian Malayo-Polynesian (MP), Nuclear MP,Sunda-Sulawesi dan Bali-Sasak.

Sementara kalau kita perhatikan secara langsung, bahasa Sasak yang berkembang di Lombok ternyata sangat beragam, baik dialek (cara pengucapan) maupun kosa katanya. Ini sangat unik dan bisa menunjukkan banyaknya pengaruh dalam perkembangannya. Saat Pemerintah Kabupaten Lombok Timur ingin membuat Kamus Sasak saja, mereka kewalahan dengan beragamnya bahasa sasak yang ada di lombok timur, Walaupun secara umum bisa diklasifikasikan ke dalam: Kuto-Kute (Lombok Bagian Utara), Ngeto-Ngete (Lombok Bagian Tenggara), Meno-Mene (Lombok Bagian Tengah), Ngeno-Ngene (Lombok Bagian Tengah), Mriak-Mriku (Lombok Bagian Selatan)

Dari Aspek Bahasa, Papuk Bloq kita bisa jadi berasal dari Jawa (Malayo-Polynesian), Vitname atau Philipine ( Austronesian), atau dari Sulawesi (Sunda-Sulawesi)

SEJARAH
Sebelum Abad ke 16 Lombok berada dalam kekuasan Majapahit, dengan dikirimkannya Maha Patih Gajah Mada ke Lombok. Malah ada kabar kalau beliau wafat di Pulau Lombok dan dimakamkan di Lombok Timur. Pada Akhir abad ke 16 sampai awal abad ke 17, lombok banyak dipengaruhi oleh Jawa Islam melalui dakwah yang dilakukan oleh Sunan Giri, juga dipengaruhi oleh Makassar. Hal ini yang menyebabkan perubahan Agama Suku Sasak, yang sebelumnya Hindu menjadi Islam.

Pada awal abad ke 18 Lombok ditaklukkan oleh kerajaan Gel Gel Bali. Peninggalan Bali yang sangat mudah dilihat adalah banyaknya komunitas Hindu Bali yang mendiami daerah Mataram dan Lombok Barat, Beberapa Pura besar juga gampang di temukan di kedua daerah ini. Lombok berhasil Bebas dari pengaruh Gel Gel setelah terjadinya pengusiran yang dilakukan Kerajaan Selapang (Lombok timur) dengan dibantu oleh kerajaan yang ada di Sumbawa (pengaruh Makassar). Beberapa prajurit Sumbawa kabarnya banyak yang akhirnya menetap di Lombok Timur, terbukti dengan adanya beberapa desa di Tepi Timur Laut Lombok Timur yang penduduknya mayoritas berbicara menggunakan bahasa Samawa.

Kalau kita lihat dari aspek sejarah, orang Sasak bisa jadi berasal Jawa, Bali, Makassar dan Sumbawa. Tapi bisa juga ke empat etnis tersebut bukan Papuk Bloq orang sasak, melainkan hanya memberi pengaruh besar pada perkembangan Suku Sasak

Ciri FISIK
Sementara kalau diperhatikan secara fisik Suku Sasak ini lebih mirip orang Bali dibandingkan orang Sumbawa. Dari Aspek ini bisa jadi orang Sasak berasal dari orang Bali, nah sekarang tinggal di cari :orang Bali berasal dari mana?

Bukti Otentik

Beberapa minggu yang lalu, salah seorang yang membaca tulisan ini mengirimkan ke saya sebuah bukti otentik asal usul suku sasak yang disimpan keluarganya di Lombok Tengah. Bukti tersebut berupa silsilah keluarga yang berujung pada sebuah nama: Datu Pangeran Djajing Sorga (dari Majapahit, Kabangan, Jawa Timur). Dari Bukti otentik tersebut, jelaslah terlihat bahwa Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok, sebenarnya berasal dari Jawa.

Harapan
Semoga Dewan Adat Sasak segera menerbitakan Buku Sejarah Sasak dan merampungkan Kamus Bahasa Sasak.


* Tulisan yang sama dimuat juga di Situs Komunitas Sasak

125 Replies to “Menelusuri Asal Usul Suku Sasak”

  1. kita blm tau papuq/balok kita berasal dri mn,, skrng nike kita msh mencari siapa sebenarx papuq/balok orang sasak… karena terlalu banyak asumsi yg berbeda,,,

  2. orang sasak tetaplah orang sasak kita tidak bisa memponis akhir cerita seperti ini langsung………….
    dulu orang sasak hanya satu keluarga………………
    mereka di kejar oleh kerajaan yunani kuno……….
    kalok kalian mau cerita dan silsilah yg benar dgn asal usul orang sasak ……………
    datanglah ke senyiur/mendane kruak lombok timur……..

  3. Mataram Lombok adalah kota kelahiran ke 2 saya (saya dulu di Ampenan),.Saya dilahirkan di daerah tua, Bagelen-Purworejo-daerah Mataram Lama-Hindu (Jawa Tengah perbatasan dg Yogyakarta),. karakter orang2 Bagelen sejak awal adalah Pengembara, Seni atau Militer (Jend.Ahmad Yani, Jend.Urip Sumoharjo, Jend.Sarwo Edy Wibowo (mertua SBY), Nenek Bj.Habibie, Wage R. Supratman -pencipta lagu Indonesia Raya, sampai periode kontemporer ini), saya sukanya pergi2 antar pulau-negara,.ketika saya urut dan rasa2 dari pulau Timor, lalu ke Flores, lalu ke Sumbawa dan ketika saya di Lombok,.Jujur,.ketika saya sudah di Lombok saya merasa ini sudah Rasa Jawa,.Rasa orang2nya.!…Buatku “Rasa Manusia Sasak-Bali” = “test DNA” -nya,.Coba dah kawan2,.kalau sedang di Jawa, masuklah ke desa2 Jawa,.aku yakin kawan2 Sasak akan merasakan hal yg sama,.. aku ngelayap sampai Bukit Sawung Nggaling-(metuakan) di Lombok Selatan, Jerowaru-Lombok Timur, Sembalun,.ketika ngumpul dg kawan2 Sasak-Bali aku merasa sedang di Jawa saja, tidak ada yg harus kurubah dr adat kebiasaanku,..apalagi di tambah dg Huruf, bahasa, pakaian adat, nama2 orang Sasak-kalau bukan nama Arab pasti nama Jawa Kuno-Kawi, nama2 desa (Kediri, Wanasaba, Jenggala, Purwareja, Pajang, dll,.Kalau pohon ini Jelas “Nunggak Semi”), fisik orang2nya, tradisi Sapuk (di Jawa namanya Udeng- kalau Sapuk = Udengnya di buka maka jadinya Mudeng=mengerti (open mind-pikirannya sudah di buka-Filsafat ini dr Prof.Damardjati Supadjar)—Mudeng–deng-dong ?,.Dong ? = ngerti ?, di Jogja sampai detik ini masih exis digunakan sehari2,.. seingat saya di Lombok juga masih exis expresi kata Dong.!. Gelombang orang2 Jawa Lama ke Lombok berkali2,. (Periode Mataram Hindu-Buda),- Periode Majapahit-Gajah Mada,- Periode Demak-Wali Islam) dan tentu karena Lombok posisinya ditengah Nusantara otomatis juga sbg tempat singgah suku2 lain yg akhirnya menambah warna-warni suku Sasak,..BHINEKA TUNGGAL IKA – TAN HANA DHARMA MANGRWA,. Salam Budaya (Budi- Daya)

  4. Assalaualaikum, maaf mengganggu kk2 sekalian.. saya tertarik bgt dengan kebudayaan dari suku sasak dan ingin mengangkatnya menjadi Tugas Akhir.. kiranya kk2 sekalian bisa membantu.. terima kasih banyak 🙂

  5. Assalamualaikum saudar2Q KEBETULAN ADA TUGAS bikin makalah,,kira” budaya ap yg paling menarik tuk d angkat d praya,,yang masih di jalani sampai sekarang,,mohon masukkannya,,tiang juga kesulitan mencari refrensi d internet juga tidak terlalu detail.

  6. saya Lalu Rinja Erawan dari kotaraja…
    bapak saya asli kotaraja lombok timur.
    ibu saya campuran jawa-sulawesi.

    kakek buyut saya yang dari jawa timur kediri itu sudah ada di lombok sebelum tahun 1926 dibuktikan dengan kelahiran nenek saya pada tahun 1926 di pulau lombok sekarang masih hidup. kakek buyut saya R.soedarmo beliau adalah seorang guru yang dikirim oleh belanda untuk menjadi guru di lombok timur khususnya di pringgabaya. nenek saya bernama R suarni yang sudah menjadi guru pada zaman belanda, zaman jepang, dan zaman indonesia merdeka.

    kakek buyut saya yang dari sulawesi selatan sudah ada dilombok sebelum kakek buyut saya yang dari jawa. nama kakek saya daeng pulela. beliau lahir dilombok. umur beliau 20 tahun lebih tua dari pada nenek saya yang lahir tahun 1926 berarti beliau lahir sebelum tahun 1906. kakek saya seorang nelayan yang berdomisili di labuan lombok.

    banyak percampuran bahasa yang saya dapat dari keluarga saya, mulai dari bahasa bugis, jawa dan lombok. contohnya Mobil dalam bahasa indonesia, montor belek dalam bahasa sasak namun dikeluarga saya bila “oto”. contoh yang lain saya indonesia, bahasa jawa kulo, bahasa keluarga saya kule dan masih banyak contoh yang lain.
    banyak juga benda-benda tua dari sulawesi maupun jawa di keluarga saya.

    saya mempelajari asal usul keluarga saya mulai dari bugis, jawa dan lombok. kalau dari bapak saya, saya punya bukti otentik berupa silsilah garis keturunan orang kotaraja yang berasal dari Raden mas odak. ada juga yang lain dari Lung sari yang mempunyai anak yang bernama Lung negara dan sutha negara yang berasal dari langko. namun garis keturunan saya dari raden mas odak. raden mas odak ini garis keturunannya dari tilarnegara, tilar negara ini garis keturunanya dari demung mumbul. demung mumbul pelarian kerajaan singosari.

  7. lok di sekarbela…kbyakan penddk byak keturunan arab bhkan smpe skrg ad ketrnn said byak skali..kelrg k jg ad byak mntap di arab pya rmah pribadi sndri…mnrutku sasak ketrnn dr arab..

  8. lok di sekarbela…kbyakan penddk byak keturunan arab bhkan smpe skrg ad ketrnn said byak skali..kelrg k jg ad byak mntap di arab pya rmah pribadi sndri…mnrutku sasak ketrnn dr arab..cb aj periksa d brkjung psty byak wrga sekarbla mrip sm arab

  9. Kyak y lama2 suku sasak ini akan hilang. Karna bayak orang pendateng. Bukti y jarang ada anak kecil yang pake bhsa sasak.di sd tidak ada y pembelajaran muatan lokal. Cobak contoh jwa tengah. Setiap hari jumat di wajipkan bhs jwa.dan berpakaian adat.

  10. Assalamu’alaikum Sanak sanamian. Nunas ampure agung-agung tiang haturkan. Rupanya asal-usul suku Sasak atau papuq baloq kita sampai saat ini masih jadi tanda tanya, dan mungkin saja tidak pernah menemukan titik yang jelas. Sebagai tambahan saja dari deweq tiang bahwa menurut yang pernah tiang baca, papuq baloq kita ada kesamaan atau identik dengan suku Dayak. Terima kasih.

  11. Bedakan penghuni pulau lombok sebelum masuknya budaya luar. Dalam sebuah situs (maaf saya lupa sumbernya) disebutkan bahwa hampir semua turunan bahasa polynesia memiliki hubungan yang dekat satu dengan yang lainnya dan asal-usulnya juga bisa ditelusuri kecuali tiga bahasa daerah yang tidak diketahui asal usulnya. Pertama bahasa yang digunakan di mentawai (bengkulu), kedua bahasa sasak (lombok) dan ketiga bahasa yang digunakan oleh sebuah suku di maluku utara.

    Beberapa kemungkinan asal-usulnya seperti dari jawa, makasar dll. masih sangat meragukan karena majapahit sendiri menaklukkan kerajaan batu parang (selaparang) yang merupakan kerajaan asli lombok pada tahun 1357 M (ekspedisi mpu nala). Orang Makasar sendiri masuk beberapa abad kemudan.

    Jadi sampai dengan hari ini rasanya masih sulit untuk mengambil kesimpulan tentang asal-usul bahasa sasak itu sendiri. Dan diperkirakan suku sasak yang asli mendiami pulau lombok sejak zaman prasejarah adalah yang mendiami pulau lombok di bagian timur laut (bukti tertua berupa nekara dari daerah sambelia kab. lotim).

    Hal lain yang masih menjadi pertanyaan saya: dari mana asal-usul orang sembalun yang sebenarnya, mengingat letak geografis sembalun yang terisolir.

  12. Suku sasak sudah ada sejak lama, dan pada tahun 1257 , atau abad 13 kerajaan kerajaan di pulau lombok hancur karena letusan gunung samalas yg tingginya 4200m dr permukaan laut. Letusan gunung itu sampe di kutub utara dan kutub selatan, bahkan pada tahun itu orang orang di inggris banyak yang mati kelaparan akibat dari letusan gunung samalas karena pertanian mereka tertimbun abu letusan, masih ada di kitab daun lontar. Jadi asal usul suku sasak yg sekarang ada yg dari jawa, bugis,dll. Suku asli sekarang sudah bercampur. Orang asli sasak cirinya bertubuh kecil katak orang sumba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.