Idhul Adha 3 Kali?

Posted on: 12 Dec, 2007, by :
Spread the love

Idhul Adha atau lebih dikenal (di Indonesia) dengan Hari Raya Qurban Tahun 2007 ini, akan jatuh pada 3 hari yang berbeda. Berdasarkan Informasi dari Islamic Crescents’s Observation yang berpusat di Jordan, beberapa negara telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1428.

Saudi Arabia mengklaim telah melihat Hilal pada hari Senin 10 Desember sehingga Idul Adha (tanggal 10 dzulhijjah) jatuh pada hari Rabu 19 Desember 2007. Kuwait, Bahrain, Qatar, UEA, Oman, Palestina, Mesir dan Libya telah menyatakan mengikuti Arab saudi.

Afrika Selatan, Trinidad, Tobago, Guyana, “Indonesia” Tidak melihat Hilal pada hari senin tanggal 10, sehingga bulan sebelumnya digenapkan menjadi 30 hari. Tanggal satu Dzulhijjah jatuh pada hari Selasa 11 Desember, akibatnya Idhul Adha jatuh pada Hari Kamis, 20 Desember 2007.

Sementara itu, India, Pakistan, Iran, Marocco, Senegal menetapkan tanggal satu Dzulhijjah jatuh pada hari Rabu 12 Desember, akibatnya Idhul Adha jatuh pada Hari Jum’at, 21 Desember 2007.

Catatan:

Pada Zaman Kenabian, Khulafaur Rasyidin, Umayyah, Abbasiyah sampai Utsmaniyah, Ummat Islam selalu merayakan Hari Raya Idhul Adha pada hari yang sama , meskipun mereka berbeda dalam penetapan Hari Raya Idhul Fitri. Jadi, untuk Idhul Adha, ikutilah keputusan penetapan Idhul Adha Kerajaan Arab Saudi, Hari Rabu, 19 Desember 2007

“(Idul) Fitri adalah hari raya saat umat manusia berbuka, dan (Idul) Adha adalah saat umat manusia menyembelih (kurbannya)”. (H.R. Tirmidzi).

“Bahwa hari Arafah itu adalah suatu hari yang telah ditetapkan oleh Imam dan hari berkurban itu adalah saat Imam menyembelih kurban” (H.R. Thabrani).

“Bahwa Amir (gubernur di masa Rasul) Makkah berpidato dan menyatakan bahwa: Rasulullah saw. memerintahkan kita agar memulai manasik (haji) berdasarkan ru’yah. Jika kita tidak melihatnya sementara ada dua orang yang adil menyaksikan (munculnya bulan) maka kita harus memulai manasik dengan kesaksian dua orang itu”. (H.R. Abu Dawud).

Leave a Reply

%d bloggers like this: