Belajar dari kegagalan dengan mempelajari penyebabnya

Posted on: 27 Aug, 2007, by :
Spread the love
“william A. Ward berkata, ” Kegagalan adalah guru kita, bukan penghambat kita, kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda, bukan kekalahan,.. sifatnya hanyalah sementara, tidak selamanya”. Jika anda tanamkan sikap seperti itu, Anda akan lebih leluasa  menentukan langkah langkah yang harus diambil untuk mengatasi kegagalan. Anggaplah kegagalan adalah sarana untuk belajar.

Orang orang yang tidak sukses biasanya hanya mencoba satu kali saja, jika mereka gagal, mereka tidak mau mencoba lagi dan segera berubah haluan. Motto mereka adalah: jika sekali saja gagal, buat apa mencoba lagi!”. Kebalikannya, mereka yang berhasil adalah mereka yang jika pertama kali gagal, mereka berusaha mengenali penyebabnya setelah itu mereka mencoba lagi. Orang orang sukses ini bahkan terus berusaha untuk mengulang – ulang proses belajar  dari kesalahan kesalahan mereka. justru dengan bersikap seperti itulah mereka berhasil.

Jika Anda suatu saat mengalami kegagalan, cobal;ah mencari tahu penyebabnya dengan melihat secara jujur  hal hal yang menyebabkan kegagalan tersebut. Dengan mempelajarinya lebih dulu serta membuat perubahan yang diperlukan, anda akan dapat mencoba kembali dengan persiapan yang lebih matang serta sikap yang lebih bijaksana

Leave a Reply

%d bloggers like this: