Setelah melakukan kesalahan disusul dengan kebaikan

Posted on: 14 May, 2007, by :
Spread the love

Hadist Arba’in An-Nawawi (Hadist Ke-11)

Matan
Dari Abu Dazar, Jundub bin Junadah,  dan Abu ‘Abdurrahman, Mu’adz bin Jabal ra, dari Rasulullah SAW, Beliau bersabda:” Bertaqwalah kepada Allah dimanasa  kau berada, dan susullah sesuatu berbuatan dosa dengan kebaikan, pasti akan menghapuskannya, dan bergaullah sesame manusia dengan akhlaq yang baik”.
(HR Tirmidzi, ia telah berkata bahwa hadits ini hasan, pada lafazh lain hasan shahih)

Syarah dari Ibnu Daqiq Al ‘Ied
Riwayat hidup Abu Dzar itu banyak, ia masuk islam ketika Rasulullah SAW masih di Makkah. Beliau menyuruh Abu Dzar untuk kembali kepada kaumnya, namun ketika Rasulullah SAW menyaksikan tekadanya untuk tinggal di Makkah bersama beliau, maka rasulullah tidak mampu untuk mencegahnya.

Sabda Rasulluha SAW kepada Abu Dzar:” Bertaqwalah kepada Allah dimanasa  kau berada, dan susullah sesuatu berbuatan dosa dengan kebaikan, pasti akan menghapuskannya..” hal ini sejalan dengan Firman Allah:” Sesungguhnya segala amal kebajikan menghapus segala perbuatan dosa”(Huud: 114)

Sabda Beliau:” bergaullah sesame manusia dengan akhlaq yang baik”, maksudnya bergaullah dengan manusia dengan cara cara yang kamu merasa senang bila diperlakukan  oleh mereka dengan cara seperti itu.  Ketahuilah, yang paling berat timbangannya di akhirat kelak adalah akhlaq yang baik.
Rasulullah SAW bersabda:” Sesungguhnya orang yang paling aku cintai diantara kamu dan yang paling dekat kepadaku posisinya pada hari kiamat adalah orang yang paling baik akhlaknya diantara kamu ( HR Tirmidzi, Ahmad no 17066)

Akhlaq yang baik adalah sifat para nabi, para rassul dan orang orang mukmin pilihan. Perbuatan buruk hendaklah tidak dibalas dengan keburukan, tetapi dimaafkan dan diampuni serta dibalas dengan kebaikan

Leave a Reply

%d bloggers like this: