Berbuat Baik dalam Segala Urusan

Posted on: 14 May, 2007, by :
Spread the love

Hadist Arba’in An-Nawawi (Hadist Ke-17)
Matan
Dari Abu Ya’la, Syaddad bin Aus r.a, dari Rasulullah SAW, Beliau telah bersabda:” Sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku baik pada segala hal, maka jika kamu membunuh hendaklah membunuh dengan cara yang baik, dan jika kamu menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik, dan hendaklah menajamkan pisau dan menyenangkan hewan yang disembelihnya”
(HR Muslim)

Syarah dari Ibnu Daqiq Al ‘Ied
Kalimat “ hendaklah membubuh dengan cara yang baik” berlaku umum, mencakup menyembelih, membunuh dalam Qishas, maupun hukuman pidana lainnya.  Hadits ini termasuk kedalam hadits yang mengandung berbagai macam prinsip dan kaidah. Membunuh dengan cara yang baik itu ialah membunuh tanpa sedikitpun unsure penganiayaan atau penyiksaan. Menyembelih dengan cara yang baik yaitu menyembelih hewan dengan lemah lembut, tidak merebahkannya ke tanah dengan keras dan juga tidak menyeretnya. Sembelihan dihadapkan kearah kiblat, membaca basamalah dan hamdalah, memotong urat nadi lehernya dan membiarkannya sampai mati, baru dikuliti, mengakui nikmat dan mensyukuri pemberian Allah, karena Allah telah menundukkan kepada kita, padahal Dia berkuasa untuk menjadikannya sebagai musuh kita, dan telah menghalalkan dagingnya untuk kita, padahal Dia berkuasa untuk mengharamkannya

1 thought on “Berbuat Baik dalam Segala Urusan

  1. Salam. Matan & syarah yang padat. Saya akur hukum qisyas seperti rejam untuk penzina yang telah berkahwin, namun bagaimana kita memahami dari konteks hadis ini yang seakan-akan “melarang” kekerasan pada pembunuhan itu sendiri.Harap jelaskan.
    Syukran

Leave a Reply

%d bloggers like this: