Mudik ke Lombok ..

Hari Jum’at lalu, sebelum lebaran tiba.

Biasanya saya mudik ke Lombok menggunakan BUS Malam, langsung dari Surabaya. Setahu saya hanya tahun lalu saja menggunakan pesawat. Lebaran ini, sebenarnya mau mudik pakai BUS juga, karena sudah di Banyuwangi rencananya naik BUS Surabaya-Mataram di Banyuwangi, resikonya karcis harus banyar penuh! 250.000, walaupun perjalanan tinggal separuh.  Tapi entahlah, setiba di Ketapang, Walau ditunggu tunggu, BUS Malam tidak kunjung tiba, langsung saja saya putuskan estafet, dari keatapang naik BUS KA menuju Denpasar, Bayar 40 Ribu, anehnya penumpangnya saya sendiri.

Sesampai di Denpasar, Hari sudah siang, lelah sekali, apalagi dalam kondisi berpuasa. Setelah Sholat dan nunggu L300 yang nunggu penumpang penuh, sekitar jam 3 Siang, kami meluncur ke PadangBay, perjalanan 63 KM hanya ditempuh kurang dari satu jam, lewat  Bypass, kali ini bayarnya 35 Ribu, katanya sih patungan.

Beberapa menit sebelum jam 4, beli tiket (20 Ribu 500 dulu) di Padang Bay, dilanjutkan dengan naik ferry ke Lombok, Hah .. pelayaran cukup melelahkan, Buka puasapun harus di kapal dengan POP Mie yang harganya selaut  selangit.  tepat jam 9 Malam, Ferry berlabuh di Pelabuhan Lembar, Lombok terlihat tenang dan damai, “Hallo, Welcome to Lombok!”.

Bersama 2 Orang Tentara, yang saya kenal di kapal, saya kemudian melanjutkan perjalanan ke Terminal Mandalika di Bertais menggunakan Taxi2-an, Bayarnya juga mahal 60 Ribu.  Sesampai di mandalika, seperti biasa, kalau sudah di atas magrib, jangan harap dapat angkutan umum di terminal ini, sepi, yang ada cuma ojek dan “preman”. Untung kakak sudah ada disana, Perjalannpun dilanjutkan dengan sepeda motor ke Kotaraja, dingin sekali. Alhamdulillah jam 11 malam saya bisa ketemu dengan keluarga di Lombok. Assalamu’alaikum!

109 Replies to “Mudik ke Lombok ..”

  1. sama sama,

    semoga kebutuhan para wisatawan domistik yang akan berkunjung ke lombok bisa kita penuhi. InsyaAllah, sebagai bentuk rasa terimakasih kami, Komunitas Sasak [www.sasak.org] akan menghadirkan Website Khusus Pariwisata Lombok, Nantikan kehadirannya di http://pulau-lombok.com direktori wisata pulau lombok

  2. mas perkenalkan nama saya aditya
    saya mau wisata ke senggigi, dana akan melakukan perjalanan estafet,,
    kira-kira biaya hidup di sana gimana?(ukran mahasiswa ya hehe), dan penginapan yang murah dimana disekitar mataram?lalu dari mataram ke senggigi berapa ongkos angkotnya??
    terima kasih,,

  3. Mas sy mau tanyak,,
    kalo tiket pesawat dari mataram ke surabaya tanggal 9 mei 2009 ,, berapa ya harganya?? pesawat lion dan garuda ..
    makasi ..
    kabarn sy secepatnya y ..

  4. Mau tanya dong, kalo dari selaparang ke lembar naik apa yah, ongkosnya berapa n banyak ngak transport kesana?

  5. mas jaelani yah, salam kenal.
    mas saya mau tahu harga tiket kapal ferry dari surabaya lombok tu berapa yah harganya terus kita di lombok ke pelabuhan apa yah? dan klo mau ke sengigi dari pelabuhan di lombok naik apa ajh. mas informasinya di tunggu sekaliyah..
    maksih sebelumnya dan kalo bisa tolong balas lewat mail saya
    munawwar_23gobike@yahoo.com

  6. Untuk kapal ferry dari surabaya ke Mataram saya kurang tahu persisnya, karena memang tidak pernah menggunakannya. Kapal ini adalah KAPAL PELNI dari tg Perak ke Pelabuhan Lembar (lombok), mungkin sekitar 220 ribu, namun tidak berangkat setiap hari.

    Biasanya, saya menggunakan jalur darat, PAKAI BUS atau Kereta ke banyuwangi, terus naik Ferri ke bali, lanjutkan BUS ke padang bae, baru naik ferri ke pelabuhan lembar (lombok)

    Bisa juga, dengan NAIK BUS langsung dari Surabaya Lombok (200-250 rb), cukup sekali bayar, sudah termasuk ongkos penyeberangan, BUS akan berhenti di terminal mandalika (MATARAM)

    bisa dicoba, naik Merpati, harga sekitar 400 ribu

  7. @ ahmad gozali, Jogja lombok tidak ada transport langsung, jadi perlu naik Bis atau KA dari jogja ke Surabaya. selanjutnya, silahkan ikuti jalur surabaya – mataram, bisa di cek di jawaban jawaban saya di atas

  8. @ ari, selaparang ke lembar tidak ada transport langsung, kecuali TAXI.
    Ari bisa naik taxi (sebentar) bisa ke mataram ( turun diujung jalan udayana), nanti naik ANGKOT Kuning menuju Terminal Mandalika, mungkin sekarang dah 2000 orngkosnya

    Atau, naik taxi langsung ke Terminal Mandalika, saya kurang tahu persis biayanya.

    Nah, dari terminal mandalika, ada angkot warna putih, L300 menuju lembar, ongkosnya juga dah lupa, lama tidak makai angutan ini, yang jelas sekitar 10 ribuan

    salam, have a nice trip for you

  9. Assalamuálaikum,
    salam kenal mas…
    saya udah baca beberapa postingan di atas mengenai transportasi k lombok, untuk memastikan, saya berdua dengan teman saya berencana mengunjungi gili2 yg indah d sana.
    planing kita sementara ini dari jakarta k bali naik pesawat, dari bali hanya tau bus perama yg saya cek harganya dari kuta k senggigi 350rb (mengingat kami berdua perempuan dan mencari jalan aman). tapi tidak tertutup kemungkinan kami mencari transportasi yg lebih murah karena memang budget terbatas.

    bisakah mas Jaelani memberikan alternatif transportasi beserta budgetnya ?
    dan apa bila kami mau k pantai senggigi serta ke gili trawangan dan gili lainnya menggunakan apa ?
    serta penginapan yg murah dan dekat lokasi tempat yang akan kita kunjungi dimana ?

    mungkin sementara itu saja informasi yg saya butuhkan, mohon pencerahannya.
    terima kasih banyak atas bantuannya

  10. Mbak Kania,

    Untuk lebih detail mengenai perjalanan ke Lombok khususnya Senggigi dan Gili Trawangan, silahkan kunjungi website kami atau hubungi staf reservasi kami di 0370-6609477, 6841414, 6579425.

  11. Salam kenal pak.

    Saya mahasiswa Arsitektur yang sedang Kerja Praktek di Bali. Saya berencana untuk berpetualang ke Lombok dengan motor sendiri.

    Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:

    1. Saya dapat info kalau menyeberang naik motor kira2 88rb (golongan II). Namun apakah penyeberangan Padang Bai ini punya jam penyeberangan atau setiap saat (seperti Gilimanuk – Ketapang)?

    2. Kira-kira di Pulau Lombok ini, lokasi penginapan yang cukup murah disinggahi kira-kira di mana ya? Berapa ya tarifnya?

    Terima kasih banyak dan salam kenal.
    Rangga.

  12. Salam kenal juga mas rangga,

    1. Jam penyeberangan per 2 jam mas: jam 6 pagi, 8, 10, 12, 14,…
    2. Di kota mataram akan banyak sekali tempat penginapan murah, seperti yang sudah saya informasikan di atas:
    hotel airlangga..
    rate berkisar 80rb sampe 185rb..
    Wisma Triguna di Pelembak 1km arah barat Bandara
    room ratenya masih dibawah 100rb per malam

    Untuk info lengkapnya, Saudara bisa menghubungi teman saya, Pak Basri di 0370-6609477 atau di 081-8362905 untuk informasi selengkapnya. Beliau adalah owner LOMBOK TravelNET

    Have a nice trip!

  13. assalamu`alaikum, pak sy mau nanya ongkos bis sby-mtrm tgl 15 sep `09 kira2 brapa ya????

  14. ass…
    Saya mau tanya,penginapan dekat pelabuhan lembar ada ga’ yah ???
    Trus kira2 brp yah harga nya per malam,,,
    Thx

  15. mas, mau nanya dong,,
    aku kan mau pake mobil, rencana mau ke bali n lombok..
    tau ga berapa harga ferri dr banyuwangi-gilimanuk sama dr bali ke mataram..
    d 1st time soalnya..
    kalo pake mobil, masih diitung org didalemnya apa bayar 1 mobil gt?

  16. mas, mau nanya dong,,
    aku kan mau pake mobil, rencana mau ke bali n lombok..
    tau ga berapa harga ferri dr banyuwangi-gilimanuk sama dr bali ke mataram..
    d 1st time soalnya..
    kalo pake mobil, masih diitung org didalemnya apa bayar 1 mobil g

  17. Mbak Juwita

    untuk harga, silahkan cek di komentar komentar sebelumnya.
    biaya dimaksud adalah untuk satu mobil (isinya tidak perlu bayar lagi)

  18. saya mau tanya,,onkos pesawat dari bali ke lombok berapa ya???
    sy mau ke lombok bln februari taun depan.tlg informasikan klo ada sapa2 yg tau…o ya ada lgi,,pesawat yg slalu ke lombok itu apa ya?

  19. saya mau tanya,,onkos pesawat dari bali ke lombok berapa ya???
    sy mau ke lombok bln februari taun depan.tlg informasikan klo ada sapa2 yg tau…o ya ada lgi,,pesawat yg slalu ke lombok itu apa ya?

  20. mas saya mohon petunjuk yg bner2 detil…… mnuju gunung rinjani dri surabaya….. plus biaya’a……. krna sya blm sama sX mndaki gunung rinjani….

  21. ass mas,saya mau nnya klo transportasi dari terminal mataram ke gili trawangan mnggunakan apa mas? *dgn modal back packer
    brapa biayanya mas?
    thanks

  22. salam,,,
    mohon informasi untuk nomor telepon wisma nusantara di perempatan seruni. itu dekat dengan Jl. Swadaya Pak?
    saya coba tanya 108 koq tidak terdaftar nama wisma nusantara. mohon bantuan ya pak… terima kasih sebelumnya…

  23. slam mas,,,
    mohon informasi untuk nomor telepon NCH dounk,,,,
    saya sudah coba tanya di 108 kok belum terdaftar ya atas nama NCH,,,
    mohon bantuannya ,,,,,
    trimakasi sebelunya,,,

  24. slam mas,,,
    mohon informasi untuk nomor telepon NCH dan ail ihsan dounk,,,,
    saya sudah coba tanya di 108 kok belum terdaftar ya atas nama NCH,,,
    mohon bantuannya ,,,,,
    trimakasi sebelunya,,,

  25. slam mas,,,
    mohon informasi untuk nomor telepon NCH dan ail ihsan dounk,,,,
    saya sudah coba tanya di 108 kok belum terdaftar ya atas nama NCH,,,
    mohon bantuannya ,,,,,
    trimakasi sebelunya,,,

  26. wah blognya menambah pengetahuan saya….
    mas no nya masih aktifkah
    sapa tau saya nyasar di Lombok
    jadi bisa nanya2 mas
    rencana mau pergi ke Rinjani untuk pertama kalinya
    hehehe

  27. wah blognya menambah pengetahuan saya….
    mas no nya masih aktifkah
    sapa tau saya nyasar di Lombok
    jadi bisa nanya2 mas
    rencana mau pergi ke Rinjani untuk pertama kalinya
    hehehe

  28. semoga bisa membantu saya, awal bulan depan saya mau ke lombok seorang diri dan baru pertama x, kalau naik pesawat dari jkt-mataram,sampai mataram ke pelabuhan kayangan naik’y apa y? ongkos’y brapa?
    ada alternatif lain gak yg lebih hemat, kalau naik bus jkt-mataram biaya’y sekitar brapa dan brapa hari nyampe?
    trimakasih sbelumnya.

  29. Untuk semua teman-teman yang terhormat, setelah saya membaca semua komentar anda, berarti sudah banyak peminat untuk berlibur ke Pulau Lombok, Jadi jika anda ingin mengunjungi Lombok silahkan anda menghubungi kami melalui komentar inlombok yahoo atau langsung ke email kami cs@inside-lombok.com, dengan senang hati kami akan memberikan pelayanan informasi mengenai transportasi, penginapan dan kegiatan libiran anda seperti menyelam, Rinjani trekking dll.
    Dan untuk lebuh jelas silahkan anda click http://www.inside-lombok.com
    so see you soon.

  30. salam…kami dari malaysia akan sampai ke denpasar kira-kira sampai pukul 8 dan ingin ke lombok…macam mana caranya dari airport denpasar ingin menaiki feri…malam ada ke feri nya dan berapa ongkos?disana selamat tidak dari pencopet..takut juga kerana ini kali pertama ke lombok

  31. Saya belum jelas Mbak syakirah ini sampai di denpasar jam pagi atao jam 8 malam.
    kalo sampai denpasar jam 8 pagi, saya pikir tidak terlalu kesulitan dari bandara tinggal naik taksi ke terminal Ubung sekitar 45 menit – 1 jam kalo macet dengan ongkos sekitar 100 ribu, dan kemudian naik bis 3/4 ke pelabuhan padangbai ongkosnya sekitar 25 – 40 ribu ribu dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. jadi sampenya di pelabuhan padang bai sekitar jam 12 atau 1 siang. Nah selanjutnya tinggal mnyebrang dengan feri, ongokosnya sekitar 20 – 30 ribu/ org, tahun 2002 biaya naik feri sekitar 8 ribu/orang. sampe di peabuhan lembar / Lombok kalo lancar sekitar 5 – 5,5 jam, jadi masih terang lah sampe mataram.

  32. Saya belum jelas Mbak syakirah ini sampai di denpasar jam pagi atao jam 8 malam.
    kalo sampai denpasar jam 8 pagi, saya pikir tidak terlalu kesulitan dari bandara tinggal naik taksi ke terminal Ubung sekitar 45 menit – 1 jam kalo macet dengan ongkos sekitar 100 ribu, dan kemudian naik bis 3/4 ke pelabuhan padangbai ongkosnya sekitar 25 – 40 ribu ribu dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. jadi sampenya di pelabuhan padang bai sekitar jam 12 atau 1 siang. Nah selanjutnya tinggal mnyebrang dengan feri, ongokosnya sekitar 20 – 30 ribu/ org, tahun 2002 biaya naik feri sekitar 8 ribu/orang. sampe di peabuhan lembar / Lombok kalo lancar sekitar 5 – 5,5 jam, jadi masih terang lah sampe mataram.

  33. saya sampai pukul 8 malam….ada ke bis malam ke padang bai?ferinya ke lombok 24 jam…

  34. ass, mas numpang tanya.
    dari Hotel Senggingi Beach menuju Hotel Sentosa Villas kira2 berapa lama ya menggunakan mobil pribadi. Tq

  35. salam kenal semua…oh ya teman – teman yang mau ke lombok, bagi pemula yang tidak mau repot estafet lewat yogya ada juga lho bus langsung yogya-lombok ongkosnya 350rb udah termasuk makan 2x, biasanya berangkat dari yogya sekitar jam 13.00 siang dan sampai lombok (agen bus nya disamping terminal mandalika) kira2 jam 19.00 besok malamnya..selamat datang dilombok..

  36. o ya, dari lombok ke surabaya bisa naek bus apa saja ya? bisa minta nomor telpon bus2nya? trims sebelumnya

  37. o ya, dari lombok ke surabaya bisa naek bus apa saja ya? bisa minta nomor telpon bus2nya? jadwal kberangkatan pada pukul berapa saja?dari pantai senggigi ke terminal bus jauh gak?nama terminalnya apa ya?trims sebelumnya

  38. Mas, mau tanya tarif penyebrangan mobil pribadi dari Padangbay ke Lembar berapa ya? kalau orang yang didalam mobil dihitung juga tidak. Segera balas ya. Saya mau ke lombok hari Senin tanggal 19 Desember 2011

    Tks banyak

  39. Mas, mau tanya tarif penyebrangan mobil pribadi dari Padangbay ke Lembar berapa ya? kalau orang yang didalam mobil dihitung juga tidak. Segera balas ya. Saya mau ke lombok hari Senin tanggal 19 Desember 2011

    Tks banyak

Leave a Reply to halaltsukuba Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.