Mudik ke Lombok ..

Hari Jum’at lalu, sebelum lebaran tiba.

Biasanya saya mudik ke Lombok menggunakan BUS Malam, langsung dari Surabaya. Setahu saya hanya tahun lalu saja menggunakan pesawat. Lebaran ini, sebenarnya mau mudik pakai BUS juga, karena sudah di Banyuwangi rencananya naik BUS Surabaya-Mataram di Banyuwangi, resikonya karcis harus banyar penuh! 250.000, walaupun perjalanan tinggal separuh.  Tapi entahlah, setiba di Ketapang, Walau ditunggu tunggu, BUS Malam tidak kunjung tiba, langsung saja saya putuskan estafet, dari keatapang naik BUS KA menuju Denpasar, Bayar 40 Ribu, anehnya penumpangnya saya sendiri.

Sesampai di Denpasar, Hari sudah siang, lelah sekali, apalagi dalam kondisi berpuasa. Setelah Sholat dan nunggu L300 yang nunggu penumpang penuh, sekitar jam 3 Siang, kami meluncur ke PadangBay, perjalanan 63 KM hanya ditempuh kurang dari satu jam, lewat  Bypass, kali ini bayarnya 35 Ribu, katanya sih patungan.

Beberapa menit sebelum jam 4, beli tiket (20 Ribu 500 dulu) di Padang Bay, dilanjutkan dengan naik ferry ke Lombok, Hah .. pelayaran cukup melelahkan, Buka puasapun harus di kapal dengan POP Mie yang harganya selaut  selangit.  tepat jam 9 Malam, Ferry berlabuh di Pelabuhan Lembar, Lombok terlihat tenang dan damai, “Hallo, Welcome to Lombok!”.

Bersama 2 Orang Tentara, yang saya kenal di kapal, saya kemudian melanjutkan perjalanan ke Terminal Mandalika di Bertais menggunakan Taxi2-an, Bayarnya juga mahal 60 Ribu.  Sesampai di mandalika, seperti biasa, kalau sudah di atas magrib, jangan harap dapat angkutan umum di terminal ini, sepi, yang ada cuma ojek dan “preman”. Untung kakak sudah ada disana, Perjalannpun dilanjutkan dengan sepeda motor ke Kotaraja, dingin sekali. Alhamdulillah jam 11 malam saya bisa ketemu dengan keluarga di Lombok. Assalamu’alaikum!

109 Replies to “Mudik ke Lombok ..”

  1. Halo, salam kenal, saya mau rencana perjalanan ke surabaya bali lombok bulan depan. Kalau ada, saya berencana naik bus dr surabaya langsung ke lombok. Tetapi seandainya tidak ada, kita berencana naik bus terpisah dr bali ke lombok.
    Bisa dibantu informasinya? Terima kasih sekali

  2. Perjalanan Surabaya Lombok, bisa menggunakan pesawat harganya sekitar 300 rb. Kalau menggunakan BUS, tarifnya beragam (200-250 rb), di Bungurasih banyak sekali BUS malam yang lewat Mataram (lombok), biasanya Bus ini adalah Bus jurusan Jakarta _Bima, Surabaya_Bima, jarang ada BUS Surabaya_Mataram. Tapi Saudara dapat menggunakan 2 jurusan pertama, karena toh pasti lewat Mataram, sepengetahuan dan sedikit pengalaman saya, menggunakan Bus tersebut lebih nyawan dan cepat.

    Alternatif terakhir (jika duit pas pas-an dan punya waktu banyak), saudara bisa mencoba menggunakan Kereta Api dengan tiket langsung ke Denpasar, sesampai Banyuwangi, Saudara akan diangkut oleh Bus punyanya KA. dari Denpasar bisa dilanjutkan dengan menggunakan L300 sampai Pelabuhan Padang Bai, perjalanan kemudian dilanjutkan dg Kapal penyeberangan sampai Lembar. dari Lembar naik L300 menuju Terminal Mandalika, dari sini saudara bisa melanjutkan perjalanan kemana saja.

  3. Halo, saya melihat panduan anda untuk Surabaya Mataram.
    Kalau boleh tahu, dari bungurasih sampai mataram itu berapa lama?
    dan ada tidak transport dari Mataram ke senggigih?
    terima kasih banyak sebelumnya……

  4. Oh yah, kalau saya memakai alternatif yang menggunakan kereta api, L300, dll kira2 berbeda jauh tidak harganya dengan langsung menggunakan bus SBY – mataram?
    Terima kasih …..

  5. Mas Rendy, Perjalanan Surabaya Mataram dengan menggunakan pesawat (45 menit), Bus Malam (20-24 jam, tergantung kepadatan di daerah porong dan selama penyeberangan Jawa-Bali_Lombok). Sementara kalau menggunakan cara estafet (KA: 7 Jam, Nyebrang Banyuwangi -Gili Manuk : sekitar satu jam, Gili MAnuk – Denpasar : 2-3 jam, Denpasar -Padang Bai : 1 jam, Padang Bai – Lembar; 5 jam, Lembar – Terminal 45 menit, Terminal – Senggigi : 1 jam. Total sekitar 18 jam, tapi biasanya lebih dari 24 jam jika waktu antri dihitung)

    Untuk Biaya antara bUs langsung dengan estafet bisa selisih sekitar 50 ribu (estafet lebih murah), tapi perjalanan dengan estafet tidak saya rekomendasikan terutama jika perjalanan Anda ini adalh yang pertama kali, apalagi sekarang sedang musim hujan.

    Transportasi (umum) dari Terminal langsung ke Senggigi setahu saya tidak ada. tapi bisa disiasati dengan naik Lyn (bemo kuning) dari terminal mandalika ke Ampenan. dari ampenan nanti anik kendaraan (saya tidak tahu persis, tapi saya yakin ada karena lokasnya sudah sangat dekat sekali dg sengigi).

    demikian mas ferdy, semoga membantu.

  6. Halo mas, thx buat info saya dan rendy. Mas, kalau dari Senggigi sendiri mau ke Bangsal bisa naek apa yah?
    Terakhir, gimana ttg perjalanan balik dr Lombok sendiri ke Bali ?
    Thx bgt

  7. Mohon maaf, pertanyaan Mas Rangga tidak bisa saya jawab, jadi saya tanya dulu ke teman teman saya. Intinya angkutan umum dari senggigi Via jalan pinggir pantai (senggigi – bangsal) tidak ada, tapi kalo taksi banyak..

    sementara untuk balik ke Bali, bisa menggunakan fasilitas yang sama, tinggal membalik trayeknya saja.

  8. Oh harus naik taksi yah mas ke Bangsal. Karena saya menginap di daerah senggigi. Kalau boleh tahu, kisaran harganya berapa yah? apa itu alternatif terbaik ?

    Dan saya sudah dapat info bus dr SBy ke lombok langsung.
    Mengenai jam keberangkatan dari lombok ke bali, kira2 jam berapa yah mas?
    Thx

  9. untuk perjalanan senggigi -bangsal , menurut teman saya hanya taksi yang bisa digunakan. mengenai tarifnya (maaf) saya kurang tahu.

    perjalanan dari Lombok ke Bali, jika ingin menggunakan BUs langsung (mataram-denpasar), jadwal Busnya jam sekitar jam 10, 12 dan jam 14. tapi kalau mau estafet, saudara tidak terpengaruh jadwal tersebut, paling hanya perlu menyesuaikan dengan jadwal penyeberangan Lembar- padang Bai.

  10. halo, salam kenal..
    saya ingin bertanya bbrp hal jika sy mengadakan tour kecil2an ke Lombok..
    1.Sarana transportasi dari senggigi ke bangsal jika naik taksi kr2 brp harganya, mengingat sy tdk tahu tarif dan jarak disana..apakah lebih baik sy menyewa motor per hari?krn sy bertujuan u/ menghemat biaya dan pergi sekitar 10org..

    2.kr2 brp yg harus dikeluarkan jika sy Balik dr Gili ke Bangsal ke lembar..agar sy dpt membuat anggaran u/ rute tsb..

    3.u/ akses balik ke denpasar sy hanya tau ada L300 dr mandalika lembar dan bus lsg ke denpasar..kr2 brp biaya yg hrs dikeluarkan..

    terima kasih atas bantuannya..

  11. Wah, Miq Jen niki ternyata duta Sasak tulen, selain membangun komunitas dunia maya Sasak, juga mensponsori perkembangan wisata Lombok.
    Salut gati tiang, kapan tiang memiliki dedikasi yang tinggi untuk Sasak seperti miq Jen.
    Salam

  12. # For Stella: terimakasih atas keputusan saudara untuk berwisata ke Lombok. kami sangat senang mendengarnya. untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi teman saya di Lombok, namanya Ikhsan Sunaryo, beliau punya travel, selihakan hubungi beliau di nomor telepon 0370 642152 atau hp
    0817366064 untuk info lbih lanjut.

    Welcome to Lombok

    # Yusranil, araq araq doang side meton:-)

  13. hi, salam kenal
    saya mau tanya,
    L300 itu beroperasi dari jam brapa, sampai jam brapa?

    Pertanyaan lain kyk nya dah di tanya oleh bapak rendy, rangga n ibu stella ^_^V
    trim’s

  14. L300 jurusan Lembar- Terminal Mandalika, kayaknya selalu standby di Lembar. Tapi dari jurusan sebaliknya beroperasi pagi-sore saja.

    untuk L300 Jurusan Denpasar- Padang Bai, sepertinya hanya beroperasi siang hari.

  15. minta info neh.
    saya ada rencana ngabisin liburan bulan february ke bali, tapi abis baca blog ini jd pengen ke lombok.
    kalo naik pesawat dr
    surabaya ke mataram, sktr 300rb. kira2 airlines apa aja yg menyediakan rute sby-lombok?saya udah muter2 nyari di web booking online kok gak ada?
    kalo info hotel yg bagus di lombok?dgn budget 500rb semalem kira2 dapet hotel di senggigi yg gmn ya?
    thnks before

  16. Rizal, Terimakasih atas pertanyaan dan atensi saudara untuk berkunjung ke Pulau Lombok,
    Tiket Pesawat kelombok memang sekitar 275- 400 ribu. Ada beberapa alternatif yang bisa digunakan:Lion Air, Wing Air, Garuda, City Link dan terakhir merpati. Saya pernah pakai Wing dan Merpati. Untuk Garuda dan Lion Air harganya paling Mahal. Saudara bisa coba Merpati, cukup Nyaman dengan harga yang tidak terlalu Mahal.

    Untuk Informasi Hotel dengan Anggaran 500 ribu/malam bisa di :Sengigi Beach Hotel Bintang 4, Jayakarta Hotel Bintang 4, Sentosa Villas and Resort Bintang 4 , kamarnya dapat yang STANDARD dan semua sudah termasuk makan pagi.

    Banyak sekali untuk penyewaan sepeda motor…harganya 35,000 Ribu/Hari,

    Catatan:
    Saudara bisa menghubungi teman saya, Pak Basri di 0370-6609477 atau di 081-8362905 untuk informasi selengkapnya.

  17. Mas, kalau dari Mataram Denpasar itu ada ga bus yang khusus jurusan denpasar saja?
    Karena setau saya ada yang jurusan Mataram Surabaya, tapi harganya mahal 130rb, karena 1 tarif.

  18. Mas mau nanya ni..
    Akhir bulan ni berencana mau ke Rinjani lewat Sembalun.
    Kebetulan cuma libur 6 hari.
    Mau nanya nih, transport dari Surabaya ke Mataram jam berapa ya berangkatnya? trus sekarang harga tiketnya berapa.
    Kalo pesawat dari surabaya ke Mataram sekarang sekitar berapa yah..
    satu lagi..
    pulangnya, dari Mataram ke Surabaya naik bus, jadwalnya berangkat jam berapa yah?
    thanks infonya…

    boleh, di bales ke romli@ast.co.id

  19. Mas Romli, saya coba jawab satu satu ya:

    “transport dari Surabaya ke Mataram jam berapa ya berangkatnya? trus sekarang harga tiketnya berapa.”

    untuk bis, pemberangkatan dari terminal Bungurasih sekitar jam 13.00, 16.00 dan 18.00, tiketnya maksimal Rp250.000

    “Kalo pesawat dari surabaya ke Mataram sekarang sekitar berapa yah.”

    kalo pakai pesawat, bisa pakai Batavia Air, wing Air, Merpati atau garuda, harganya sekitar Rp. 390.000 -Rp/ 519.000, pemesanan makin jauh hari akan dapat harga lebih murah.

    “pulangnya, dari Mataram ke Surabaya naik bus, jadwalnya berangkat jam berapa yah?”

    Bus dari Mataram, jadwalnya sekitar jam 11.00, 14.00 dan 16.00 WITA (waktu setempat), harga tiket sby-mtr sama maksimal 250.000.

    oke mas, selamat berpetualang.

  20. Assalamualaikum Wr.Wb

    Mas Jaelani, perkenalkan nama saya Tomy, guru bahasa Inggris SMAN 3 Blitar, yang akan mengikuti pelatihan TOT di gedung LPMP Mataram JL. Panji Tilarnegara 8 mulai 30 April sd 13 Mei 2008.

    Rencana saya akan naik bus malam (jika naik pesawat, tiket kemungkinan tidak akan diganti oleh dinas).

    Oleh panitia diharuskan check in tanggal 30 April maks jam 15:00. So, tanggal dan jam berapa saya harus naik dari Bungurasih? supaya perjalanan saya nyaman dan yang tidak kalah pentingnya aman!!

    Seandainya saya datang 1 hari sebelum tanggal 30 April, saya sebaiknya menginap di mana? mengingat anggaran saya tipis maklum cuma PNS….

  21. Wa’alaikum salam Wr. Wb,

    Pak Tony Gumilar,
    Gedung LPMP Mataram JL. Panji Tilarnegara itu kalau gak salah dulu namanya Gedung BPG (Balai Pelatihan Guru). Tepatnya persis didepan Sekolah saya (dulu), SMA 2 MAtaram. Dekat juga dengan Museum NTB.

    Jika panitia mengharuskan check in tanggal 30 April maks jam 15:00, Bapak bisa berangkat dari Surabaya sehari sebelumnya, yakni tanggal 29 Aprilnya, ambil BUS malam jam yang berangkat jam 13 , setiap hari jadwal keberangkatan BUS dari surabaya ke mataram pada jam 13, 16, dan 18. Kalau berangkat jam 13.00 dari Surabaya, Bapak akan sampai di Terminal MAndalika sekitar jam segitu juga, butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke LPMP (karena lokasinya di Ampenan, barat mataram)

    Tapi kalau mau santai dan untuk jaga jaga bisa berangkat tanggal 28 nya, penginapan terdekat ada di Perempatan SERUNI, disana ada WISMA NUSANTARA. ini adalah perempatan dan penginapan terdekat dari lokasi LPMP. Kalau Bapak menginap di Wisma Nusantara, jangan lupa untuk mencoba PECEL yang ada di dekat wisma itu, MANTAB!

    untuk jadwal keberangkatan, silahkan bapak cek komentar yang ada di atas komentar bapak, sudah beberapa kali saya sebut.

  22. Wa’alaikum salam Wr. Wb,

    Pak Tony Gumilar,
    Gedung LPMP Mataram JL. Panji Tilarnegara itu kalau gak salah dulu namanya Gedung BPG (Balai Pelatihan Guru). Tepatnya persis didepan Sekolah saya (dulu), SMA 2 MAtaram. Dekat juga dengan Museum NTB.

    Jika panitia mengharuskan check in tanggal 30 April maks jam 15:00, Bapak bisa berangkat dari Surabaya sehari sebelumnya, yakni tanggal 29 Aprilnya, ambil BUS malam jam yang berangkat jam 13 , setiap hari jadwal keberangkatan BUS dari surabaya ke mataram pada jam 13, 16, dan 18. Kalau berangkat jam 13.00 dari Surabaya, Bapak akan sampai di Terminal MAndalika sekitar jam segitu juga, butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke LPMP (karena lokasinya di Ampenan, barat mataram)

    Tapi kalau mau santai dan untuk jaga jaga bisa berangkat tanggal 28 nya, penginapan terdekat ada di Perempatan SERUNI, disana ada WISMA NUSANTARA. ini adalah perempatan dan penginapan terdekat dari lokasi LPMP. Kalau Bapak menginap di Wisma Nusantara, jangan lupa untuk mencoba PECEL yang ada di dekat wisma itu, MANTAB!

    untuk jadwal keberangkatan, silahkan bapak cek komentar yang ada di atas komentar bapak, sudah beberapa kali saya sebut.

  23. Akhirnya sampai juga saya di Mataram pada tanggal 28 April 2008 jam 14.00 setelah berjam-jam melalui perjalanan darat dan laut yang lumanya melelahkan (tapi senang juga sih)

    Sampai di terminal saya naik taxi ke arah perempatan Seruni dan mencara penginapan wiswa Nusantara seperti yang mas Jaelani sarankan.

    Sayang, saya tidak ketemu dengan wisma Nusantara. Sopir taxi anehnya juga tidak tahu alamat tersebut. Akhirnya saya coba wisma yang ada di perempatan Seruni, namanya Wisma Seruni.

    Saat itu Wisma Seruni sepi sekali. Kog gak ada receptionist-nya ya? Setelah saya cari muter-muter ketemu juga. Ternyata receptionist-nya lagi menyabit rumput di belakang wisma.

    Alhamdulillah saya bisa menginap satu malam di wisma tersebut. Receptionistnya baik sekali, namanya Pak Rusdi. Saya benar-benar dilayani seperti Raja!

    Sayang, ternyata acara di LPMP dibatalkan dan di alihkan di gedung Al Ihsan, jalan Adi Sucipto. Yah capek deh. Tapi saya benar-benar menikmati panorama alam yang luar biasa yang tidak pernah saya jumpai di Jawa. Makanan yang ada di depan perpustakaan provinsi itu juga enak luar biasa benar-benar mantap pecelnya.

    Oh ya mungkin mas Jaelani kenal dengan Pak Muslim SPd Med ? beliau adalah guru SMAN 2 Mataram Lho? saya ketemu beliau di Training of Trainer.

  24. Alhamdulillah,

    selamat selamat pak,
    Pak Muslim SPd Med itu guru bahasa inggris saya waktu kelas satu, tapi sebentar, karena beliau harus pendidikan lanjut ke australia.

    salam untuk teman teman di Blitar, jangan lupa untuk kembali kelombok di lain waktu.

    lmjaelani

  25. Salam Kenal Pak….
    Mau nanya, tanggal 30 Juli 2008 rencananya saya dan 2 orang teman (semuanya perempuan) berencana buat ke Rinjani melalui Desa Sembalun, karena ini adalah kali pertama kami ke lombok (Rinjani)saya ingin bertanya agak sedikit mendetail. Pertanyaan saya:
    1. Bagaimana rute (transportasi) dari surabaya-Desa Sembalun? kalau dari jawaban2 diatas dari surabaya-mataram bisa naik kereta, bus, atau pesawat. Jika saya naik Pesawat, setelah turun di bandara selaparang, adakah angkutan umum yang bisa mengantarkan kami untuk ke desa sembalun? dan bagaimana jika kami menggunakan bus,bagaimana caranya untuk sampai ke desa sembalun?
    2. Karena kami semuanya adalah wanita, kapankah waktu yang aman untuk sampai di terminal atau di bandara (untuk mencari transportasi lanjutan)?

    sori pak, kalau pertanyaan nya kebanyakan dan terima kasih sekali untuk pencerahan nya

  26. Mohon maaf sebelumnya, agak terlambat karena harus cari inforamsi dulu. Berikut infrmasi yang saya dapatkan dari seorang M. Ihsanul Wathony dalam milis Komunitas Sasak.


    Yang mau naik Rinjani Selamet Menikmati Keindahan Gunung Kami:
    Kalau dari Bandara selaparang kalau ibu-ibu dan mbak-mabak dateng sore hari di bandara mendingan nginap dulu dimataram semalem dan berangkat besok paginya…angkutan yang lansung ke sembalun memang ada di terminal mandalika kalau orang lombok nyebutnya engkel(Sejenis Kopaja atau Metromini dijakarta ) Bisa juga pakai Taxi…tapi pandai-pandai aja nawarnya nah nanti samapi semblun tanya aja jalur yang ke Pelawangan(pintu masuk Rinjani) Semua orang disana tau kok…..mungkin untuk nyampai puncak butuh 2 hari 2 malem Via ngCamp di danau segara anak…..(pokoknya usahakan berangkat pagi terus ibu-ibu)karena kalau sore biasanya transportasi agak susah kecuali carter.

    Nah Kebetulan Adik Saya adalah anak Mapala FE Unram yang sering bolak balik Rinjani kalau mau hubungi dia aja namanya Ali Imron atau Nama alamnya Shiro ini nmrnya 081915794859 atau info selebihnya ke nomer saya 0818365667….

    OK Selamet Berkelana ke GUNUNG RINJANI

  27. salam kenal pak..

    saya Inu.. saya dan teman-teman saya berencana untuk liburan ke lombok awal agustus..
    apakah bapak tau tentang info kapal feri surabaya-lombok?
    jika tau, berapa ya harga tiketnya?
    berapa jam perjalanan ya naik kapal feri surabaya-lombok?

    kalau mau tau info lengkap untuk kapal feri surabaya-lombok, saya harus menghubungi kemana ya?

    terimakasih banyak sebelumnya..

  28. halo mas salam kenal, aya sudah dua kali traveling ke Lombok…keren dan indah banget deh pokonya Lombok…lebih bagus dari Bali kalo alamnya soalnya msh natural bgt gitu. Cuma dua kali pergi itu saya selalu menggunakan pesawat. Agustus ini saya berencana jalan2 lg ke Lombok tapi pulangnya saya mau mampir ke Bali. Dari Mataram ke Denpasar naik bis apa ya Mas? Dari jawaban mas diatas saya baca kok ngga ada nama bisnya. Kalo ada saya mau kontak dr sekarang maksudnya biar bisa pesen tiketnya dr sekarang. terimakasih untuk bantuannya mas 🙂

  29. Salam Kenal Mas..

    Saya Andre tinggal di Jakarta. Rencanannya akhir September nanti mau naik Gunung Rinjani di Lombok. Permasalahaannya kami baru pertama kali menjelajahi Lombok. Rencanannya kami akan menggunakan kereta (anggaran kami terbatas. Sebaiknya saya ambil kereta tujuan Pasar Turi atau Gubeng ya, kalau saya mau melanjutkan perjalanan naik bis ke lombok dari Bungurasih? Atau mas punya saran alternatif yang lebih baik?

    Selanjutnya, dari Stasiun Bungurasih, saya sebaiknya mengambil jurusan apa jika mau ke Rinjani? Apakah ke Terminal Madalika (Seperti yang sudah Mas sebutkan sebelumnya?

    Terima Kasih

    Andre

  30. halo mas…salam kenal mau nyambung pertanyaan andre sebenernya dan untuk meyakinkan jalur yang mau diambil mohon konfirmasinya…

    saya berencana ke bali dr jakarta cuma mau naik kereta api…yang membuat saya bingung infonya masih simpang siur..tapi kalau saya baca postingan-2 sebelumnya saya mau simpulkan begini…

    Naik kereta dari Jakarta ke Sby Gubeng kemudian naik bis KA yang langsung ke banyuwangi trus gilimanuk kemudian nyebrang naik feri sampe bali…am i right???

    kalau mau ke lombok tinggal diterusin aja dr bali naik yang kearah lombok…

    mohon konfirmasinya ya mas…soale aku mau peginya akhir sept ini dan mau pesen tiket pp neh…

    thanks sebelumnya
    Tuhan berkati

  31. Adalah seorang kawan yang hendak bertandang kelombok dari Rembang Jawa tengah, menggunakan mobil Pribadi, pertanyaannya, berapa biaya penyebrangan mobil pribadi dari P.bai – lembar. saya nggak tahu karena saya sendiri kalau pulang naik bis.
    Matur Tampiasih Bajang,sukses

  32. Adalah seorang kawan yang hendak bertandang kelombok dari Rembang Jawa tengah, menggunakan mobil Pribadi, pertanyaannya, berapa biaya penyebrangan mobil pribadi dari P.bai – lembar. saya nggak tahu karena saya sendiri kalau pulang naik bis.
    Matur Tampiasih Bajang,sukses

  33. Assalaamu’alaikum…
    Mas Jaelani, bagaimana kabarnya? Baru pulang dari Taiwan ya? Masih ingat saya? Saya Kharisman, kita sama-sama pernah daftar di S2 Teknik Informatika ITS. Saya pernah punya nomor HP-nya mas Jaelani, tapi sekarang sudah hilang, karena hp saya yang lama rusak.
    Sepertinya saya perlu info banyak tentang Lombok karena saya insyaAllah akan punya mertua orang Lombok. Saya butuh nomor hpnya Mas Jaelani lagi ya. Insya Allah tanggal 3 Okt ini saya ke Lombok

  34. dah saya jawab lewat email mas, karena tidak sesuai dengan judul tulisan ini. kita diskusikan saja lewat email atau YM. Oke mas?

    senang sekali bertemu sahabat lama:-)

  35. wah infonya bagus sekali mas, banyak yang terbantu. btw, saya juga mo minta bantuannya, kebetulan saya di surabaya dan mendadak ada keperluan di RSUD Lombok Barat, kira2 kalo menggunakan bus jalurnya kemana yang setelah dari Lembar??

    Terima Kasih Mas!

  36. info dari teman:
    langsung aja dari lembar (pelabuhan Lembar) naik angkutan ke gerung, ntar turun langsung di depan RSUD. ongkosnya sekitar 1500 – 2000 mungkin
    [nofian]

  37. paling sip….. ente minta aja di jemput di kawasan kediri.kan pakai bis bukan pakai bis……yang pastinnya bisa distop dimana aja dan kapan aja.ya aman dah perjalanan ente.ok

  38. salam…

    Mohon infonya donk, untuk penginapan yg murah dekat bandara selaparang (rate untuk bagpacker ya pak.. hehehehe).. soalnya paginya saya akan langsung ke senggigi…

  39. ini dapat informasi dari sdr. yushi:

    mungkin penginapan paling deket di daerah gomong, ada hotel airlangga..
    rate berkisar 80rb sampe 185rb..

    Menurut Bapak Jhilmi :
    Saya kira yang paling dekat adalah Wisma Triguna di Pelembak 1km arah barat Bandara
    room ratenya masih dibawah 100rb per malam

  40. hemmm, perjalanan yang sangat melelahkan miq, and ternyata banyak juga yang mau tau tentang lombok. sukses ya miq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.